PENGARUH MEREK DAN NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiwa pengguna Oppo atau Samsung smartphone di Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan tahun 2013-2015)

Authors

  • Tyas Purwitasari
  • Edy Yulianto
  • Wilopo Wilopo

Abstract

This study aimed to determine the influence of brand and country of origin consisting of brand variables, Country of Origin partially and simultaneously on the purchase decision. The type of research this study was explanatory research with quantitative approach. Sample in this study amounted to 116 respondents who own and have ever bought the Samsung smartphone and  116 respondents who own and have ever bought the Oppo smartphone and were students of the Faculty of Administrative Sciences Brawijaya University of Malang. Data analysis technique in this research is Instrument Test (test of validity and reliability) and multiple linear regression analysis. The results based on the analysis of determination coefficient showed that Adjusted Rsquare (determination coefficient ) for the Oppo brand of 0.746, while the Samsung brand of 0.899 meaning that for the Oppo brand score of 74.6% and Samsung 89.9%, the purchase decision variable was influenced by the Brand and Country of Origin variables and the rest was influenced by other variables which was not discussed in this study. There was a partially significant influence on the brand and Country of origin variables on the purchase decision with significance result of t(0,000)<α=0,05

Kеywords: Transactional Leadership Styles, Motivation, Employee Performance

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merek dan Negara asal (Country Of Origin ) yang terdiri dari variabel merek, Negara asal (Country Of Origin ) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang memiliki dan pernah membeli smartphone Samsung dan 116 responden yang memiliki dan pernah membeli smartphone Oppo dan merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Adjusted Rsquare (koefisien determinasi) untuk merek Oppo sebesar 0,746, sedangkan untuk merek  Samsung sebesar 0,899 artinya bahwa untuk merek Oppo 74,6% dan Samsung 89,9% variabel keputusan pembelian di pengaruhi oleh variabel Merek dan Negara asal (Country Of Origin ) dan sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial pada variabel merek dan Negara asal terhadap keputusan pembelian dengan hasil signifikansi t(0,000)<α=0,05

Kаtа Kunci: Merek, Negara Asal (Country Of Origin ), Keputusan Pembelian

 

Downloads

Published

2018-08-09

Issue

Section

Articles