ANALISIS KESEHATAN BANK MENGGUNAKAN PENDEKATAN FAKTOR RISK PROFILE, EARNINGS DAN CAPITAL (Studi Komparatif pada Bank BUMN dan Bank Asing Periode 2013-2016)

Authors

  • Mirzavira Elvisa Anggi Firdaus
  • Saparila Worokinasih

Abstract

Bank Indonesia began to establish a risk-based rating system in PBI No. 13/1/PBI /2011 followed by the latest circular issued by OJK in SE OJK No. 14/SEOJK.03/2017 is using RBBR (Risk Based Bank Rating), the self-assessment of the health level using risk approach. In this research use 3 (three) factors that is Risk Profile with NPL and LDR indicator, Earnings with ROA and NIM indicator, and Capital with CAR indicator.The research method used in this research is descriptive research method and different test to each financial ratios in two types of bank group (in this case can use independent sample test t-test and Mann-Whitney test) with the help of SPSS application. The sample of this research is group of BUMN Bank and Foreign Bank. The location of the research is done within the official web of OJK and the official web of the bank concerned.The results of the study indicate that there are significant differences for NPL, NIM and CAR values ​​in BUMN and Foreign Banks, then there is no significant difference for LDR and ROA values ​​in both groups of banks.

Kеywords: RGEC, Banking, Banks Healthy

ÐBSTRÐK

Bank Indonesia mulai menetapkan  sistem penilaian tingkat kesehatan berbasis risiko dalam PBI No. 13/1/PBI/2011 diikuti surat edaran terbaru yang dikeluarkann oleh OJK dalam SE OJK Nomor 14/SEOJK.03/2017 ialah menggunakan RBBR (Risk Based Bank Rating) yaitu penilaian sendiri (self assessment) tingkat kesehatan menggunakan pendekatan risiko. Dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) faktor yaitu Risk Profile dengan indikator NPL dan LDR, Earnings dengan indikator ROA dan NIM, dan Capital dengan indikator CAR. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan uji beda terhadap masing-masing rasio keuangan pada dua tipe grup bank (dalam hal ini dapat menggunakan uji independent sample t-test dan Mann-Whitney test)dengan bantuan aplikasi SPSS. Sampel penelitian ini adalah kelompok Bank BUMN dan Bank Asing. Lokasi penelitian dilakukan didalam web resmi OJK dan web resmi dari bank yang bersangkutan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk nilai NPL, NIM dan CAR pada Bank BUMN dan Bank Asing, kemudian terdapat perbedaan yang tidak signifikan untuk nilai LDR dan ROA pada kedua kelompok bank tersebut.

Kata Kunci: RGEC, Perbankan, Kesehatan Bank


 

 

 

 

 

Downloads

Published

2018-08-09

Issue

Section

Articles