EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT MIKRO DALAM RANGKA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi pada PT. Bank Jatim Cabang Utama Kediri)

Authors

  • Debora Silly Agustina Kristi
  • Muhammad Saifi
  • Dwiatmanto Dwiatmanto

Abstract

This research has purpose to evaluate system and procedure of giving of micro credit and internal control which exist in system and procedure of giving of micro credit in PT. Bank Jatim Cabang Utama Kediri. In this study using descriptive qualitative research type aims to describe the nature of something that is going on at the time of study. The data used in this study are primary data and secondary data obtained from interviews with resource persons. The results of analysis and interpretation of data system and crediting procedures there is a very dominant function in the provision of micro credit at PT. Bank Jatim Cabang Utama Kediri and in terms of archiving important documents still use the services of other companies. The advice given should not make one function become dominant because it will be very burdensome in its performance and preferably in archiving important documents do not use service of other company because will cause loss of document or penglopyan unwanted document by PT. Bank Jatim Cabang Utama Kediri

Keywords :  System And Procedure, Micro Credit, Internal Control

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi sistem dan prosedur pemberian kredit mikro serta pengendalian intern yang terdapat pada sistem dan prosedur pemberian kredit mikro di PT. Bank Jatim Cabang Utama Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penilitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat studi. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber. Hasil analisa dan interpretasi data sistem dan prosedur pemberian kredit terdapat fungsi yang sangat mendominan dalam pemberian kredit mikro pada PT. Bank Jatim Cabang Utama Kediri dan dalam hal pengarsipan dokumen – dokumen penting masih menggunakan jasa perusahaan lain. Saran yang diberikan sebaiknya jangan menjadikan satu fungsi menjadi dominan karena akan sangat memberatkan dalam kinerjanya dan sebaiknya dalam pengarsipan dokumen – dokumen penting jangan menggunakan jasa perusahaan lain karena akan menyebabkan hilangnya dokumen atau pengcopyan dokumen yang tidak diinginkan oleh PT. Bank Jatim Cabang Utama Kediri.

Kata Kunci : Sistem Dan Prosedur , Kredit Mikro, Pengendalian Intern


Downloads

Published

2018-02-07

Issue

Section

Articles