PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT. Garam (Persero) Surabaya - Jawa Timur)

Authors

  • Abraham Nuril Fajri
  • Hamidah Nayati Utami
  • Ika Ruhana

Abstract

The aims of this study are four objectives, the first is to describe and analyze the effect on the Promotion of Job Satisfication at PT. Garam (Persero). Second, to explain and analyze the effect on the Promotion of Job Performance in PT. Garam (Persero). Third, to describe and analyze the influence of Job Satisfication on Job Performance PT. Garam (Persero). Fourth, to explain and analyze the influence of Promotion towards Job Performance through Job Satisfication PT. Garam (Persero). The type research is explanatory research with a quantitative approach and the questionnaire was the instrument chosen to do the research. The research was conducted at PT. Garam (Persero) Surabaya - East Java. Proportional random sampling obtained a sample of 85 employees. Data analysis techniques used were normality test linearity, while for hypothesis testing using Path Test. Based on the result using path analysis, PT. Garam (Persero) must implementing principles and term of promotion  for Promotion program. Because Job Satisfication will be achieve by fufill the satisfication of job, salary satisfication, promotion and leadership satisfication. Direct correlation between promotion with Job Satisfication will be motivate employee to increase job performance. It will support business goals achievment.

Keywords        :  Promotion, Job Satisfication, Job Performance

ABSTRAK

Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini ada empat tujuan, yang pertama adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh Promosi Karyawan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Garam (Persero). Kedua, untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh Promosi Karyawan terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Garam (Persero). Ketiga, untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Garam (Persero). Keempat, untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh Promosi Karyawan terhadap Prestasi Kerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja Karyawan PT. Garam (Persero). Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research dengan pendekatan kuantitatif dan kuesioner adalah instrumen yang dipilih untuk melakukan penelitian. Penelitian dilakukan di PT. Garam (Persero) Surabaya - Jawa. Secara Proportional random sampling didapat sample sebanyak 85 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas linieritas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan Uji Path (Jalur). Berdasarkan hasil analisis jalur, diharapkan PT. Garam (Persero) menjadikan asas dan syarat promosi sebagai acuan dalam menjalankan program promosi. Karena kepuasan kerja akan dicapai dengan memenuhi kepuasan terhadap pekerjaan, kepuasan terhadap pembayaran, promosi dan kepuasan terhadap atasan. Hubungan langsung antara promosi dengan kepuasan kerja akan memotivasi karyawan untuk meningkatkan prestasi kerja. Hal ini akan mendukung tercapainya tujuan perusahaan.

Kata kunci     :  Promosi Karyawan, Kepuasan Kerja Karyawan, Prestasi Kerja  Karyawan

Downloads

Published

2015-12-18

Issue

Section

Articles