PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP PSIKOLOGIS KONSUMEN YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Kopi Kapal Api Jl. Jaksa Agung Suprapto Gang 1 RW.02 Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang Provinsi Jawa Timur)

Authors

  • Intan Puspita

Abstract

The purpose of this study was to determine and explain the influence of product attributes consisting of a variable price, Quality Products, Brands, Packaging and Labels on Psychological Consumers, and Purchase Decision coffee products Ship Fire. Explanatory research into a kind of research used in this study with a quantitative approach. Studies carried out on the consumer Kapal Api coffee in RW 02 with a total sample of 116 respondents. Purposive sampling technique is used as a sampling technique provided that the consumer is more than twice the purchase and consume Kapal Api coffee at RW 02 Kelurahan Samaan Malang City. The questionnaire used as an instrument of research and subsequent data analysis by descriptive and path analysis. The results showed that the variables Price, Quality Products, Brands, Packaging, Label has a direct and significant effect on consumer Psychological. Consumer Psychological variables having an immediate and significant effect on the purchase decision. Variable Price, Quality Products, Brands, Packaging, Label has a direct and significant influence on the purchase decision. Kapal Api coffee company is expected to maintain and improve the existing product attributes and continue to innovate in producing quality coffee and coffee remains the preferred community.

Keywords: Price, Quality Products, Packaging, Brand, Label, Psychological Consumer, Purchase Decision

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Atribut Produk yang terdiri dari variabel Harga, Kualitas Produk, Merek, Kemasan, dan Label terhadap Psikologis Konsumen, dan Keputusan Pembelian produk kopi Kapal Api. Penelitian penjelasan (explanatory research) menjadi jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Studi dilakukan pada konsumen kopi Kapal Api  di RW 02 dengan jumlah sampel sebanyak 116 orang responden. Teknik purposive sampling digunakan sebagai teknik sampling dengan syarat konsumen yang lebih dari dua kali membeli dan mengkonsumsi kopi Kapal Api di RW 02 Kelurahan Samaan Kota Malang. Kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian dan selanjutnya dilakukan analisis data secara deskriptif serta analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Harga, Kualitas Produk, Merek, Kemasan, Label memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap Psikologis Konsumen. Variabel Psikologis Konsumen memilik pengaruh langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Harga, Kualitas Produk, Merek, Kemasan, Label memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Perusahaan kopi Kapal Api diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan Atribut Produk yang sudah ada serta terus berinovasi dalam menghasilkan produk kopi yang berkualitas dan tetap menjadi kopi yang disukai masyarakat.

Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Kemasan, Merek, Label, Psikologis Konsumen, Keputusan Pembelian


Downloads

Published

2015-08-24

Issue

Section

Articles