PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent)

Authors

  • Miki Ambarwati

Abstract

This study aimed to examine: the influence of Brand Image that consists of Corporate Image, Consumer Image and Product Image jointly onPurchase Intentio the influence of Brand Image that consists of Corporate Image, Consumer Image, and Product Image partially onPurchase Intention, and which dominant variable that influences onPurchase Intention. The type of research is explanatory research that uses quantitative approach. The sample is 112 respondents by using sampling purposive technique. Respondents are Brawijaya University students that use Pepsodent toothpaste. The data analysis technique used is descriptive analysis and multiple linier regression with regard classical assumption. The research result shows that: Corporate Image, Consumer Image, and Product Image jointly influenced onPurchae Intention, the influence partially among variable shows that Corporate Image does not significantlyon Purchase Intention, Consumer Image significantly influence onPurchase Intention and Product Image has significantly influence onPurchase Intention, Product Image is dominant variable that has influence onPurchase Intention. The result of determination coefficient test shows that variable of Corporate Image, Consumer Image, and Product Image are influenced to Purchase Intention amount to 20,2 %. The amount left over is 79,8% variable of Purchase Intention will be influenced by other variable.

Keywords: Brand Image, Corporate Image, Consumer Image, Product Image, Purchase Intention.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Citra Merek yang terdiri dari Citra Perusahaan, Citra Konsumen, dan Citra Produk secara bersama-sama terhadap Minat Beli, pengaruh Citra Merek yang terdiri dari Citra Perusahaan, Citra Konsumen, dan Citra Produk secara parsial terhadap Minat Beli, dan variabel mana yang dominan berpengaruh terhadap Minat Beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang ditetapkan sebanyak 112 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya yang menggunakan pasta gigi Pepsodent. Teknik analisis data menggunkan analisis deskriptif dan analisis  regresi linier berganda dengan memperhatikan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Citra Perusahaan, Citra Konsumen, dan Citra Produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, pengaruh secara parsial antar variabel menunjukkan bahwa Citra Perusahaan tidak berpengaruh  signifikan terhadap Minat Beli, Citra Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, dan Citra Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli, Citra Produk adalah variabel yang dominan memiliki pengaruh terhadap Minat Beli. Hasil uji koefisien Determinasi menunjukkan bahwa variabel Citra Perusahaan, Citra Konsumen, dan Citra Produk berpengaruh terhadap Minat Beli sebesar 20,2%. Sedangkan sisanya 79,8% variabel Minat Beli akan dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata kunci: Citra Merek, Citra Perusahaan, Citra Konsumen, Citra Produk, Minat Beli.


Downloads

Published

2015-08-19

Issue

Section

Articles