“ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN EKSPOR” (Studi pada PT Petrokimia Gresik)

Authors

  • Fitriyah Inayah Ichwanda

Abstract

PT Petrokimia Gresik is one of the biggest fertilizer company in Indonesia. PT Petrokimia Gresik has an objective to become producer of fertilizer and chemistry material which has strong power of competition and the product is interested, so it needs a marketing strategy in order to increase sale’s volume and compete with domestic company and multinational company and to increase sale’s volume which are not stable. The purpose of this research are to figure out marketing strategies applied by company, to figure out strenghts and weaknesses, opportunities and threats factor of company, and to analyze the appropiate strategies to be implemented by PT Petrokimia Gresik to increase sale’s volume of export. The type of this research is descriptive qualitative research with study. By method of analysis is SWOT, the result showed that the company’s greatest strenght is secure quality of PT Petrokimia Gresik’s product, while the company’s biggest weakness is demand to fulfill subsidy necessary. The company’s greatest opportunities is high demand in South Asia, while the biggest threat to the company come from government who don’t give their support to export.

Keywords: Marketing Strategy, Sale’s Volume, Export, Fertilizer

ABSTRAK

PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu perusahaan pupuk terbesar di Indonesia. Salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya diminati konsumen, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing dengan pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan meningkatkan volume penjualan yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan, mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman, dan menganalisis strategi yang tepat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan ekspor. Jenis penelitian ini adalah deskritif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan metode analisis SWOT, hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Petrokimia Gresik kekuatan terbesar perusahaan terletak pada kualitas produk yang dimiiki PT Petrokimia Gresik terjamin, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah tuntutan untuk memenuhi kebutuhan subsidi. Peluang terbesar perusahaan adalah permintaan pasar tinggi di Asia Tenggara, sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah kurangnya dukungan pemerintah untuk melakukan ekspor.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Ekspor, Pupuk


Downloads

Published

2015-07-07

Issue

Section

Articles