ANALISIS FUNDAMENTAL DENGAN PENDEKATAN PRICE EARNING RATIO (PER) UNTUK MENILAI KEWAJARAN HARGA SAHAM DAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011)

Authors

  • Erni Estika Sukmawati Brawijaya University
  • Moch. Dzulkirom AR
  • . Topowijono

Abstract

Dalam membuat keputusan investasi, investor harus dapat mempertimbangkan dan melakukan penilaian terhadap saham yang dapat memberikan keuntungan yang optimal. Investor dapat melakukan penilaian dengan menganalisis kewajaran harga saham perusahaan. Salah satu metode yang sering digunakan untuk menganalisis kewajaran harga saham adalah analisis fundamental dengan menggunakan pendekatan Price Earning Ratio (PER). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saham PT. Mustika Ratu, Tbk, PT. Mandom Indonesia, Tbk, dan PT. Unilever Indonesia, Tbk berada dalam kondisi yang overvalued sehingga keputusan yang tepat adalah menjual saham tersebut apabila telah dimiliki untuk memperoleh capital gain atau tetap menahan saham apabila ingin tetap mendapatkan deviden karena kondisi fundamental perusahan dalam keadaan baik. Saham PT. Martino Berto, Tbk berada dalam kondisi undervalued sehingga keputusan yang tepat adalah membeli saham tersebut atau tidak menjual saham tersebut dengan harapan dikemudian hari harga saham akan naik.

Kata Kunci : Price Earning Ratio (PER), kewajaran harga saham, keputusan investasi

Downloads

Published

2013-06-20

Issue

Section

Articles