PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono Gg.XI Malang)

Authors

  • Rahma Nurvidiana

Abstract

This study aimed to determine the effect of Word Of Mouth, Purchase Intention and Influence Purchasing. The type of this research is an explanatory with quantitative approach. The number of samples used were 116 respondents This research employs questionnaire to collect the data. In order to analyze the data,  this research use path analysis. The results of this study are of Word Of Mouth affect the buying interest shown by the path coefficient (β) of 0.489, significant with a probability of 0.000 (p <0.05) and the coefficient of determination of 24%. Word Of Mouth influence the Purchase Decision as indicated by the value of the path coefficient (β) of 0.329, significant with a probability of 0.000 (p <0.05) and the coefficient of determination of 32,4% Purchase Intentiont has an influence on the Purchase Decision indicated by the value path coefficients (β) of 0330, with significant probability of 0.000 (p <0.05) and the coefficient of determination of 32.4%. Therefore, the Republica Cafe should pay attention to things that could support the consumer so that they can spread positive information to others

Keywords : Word Of Mouth, Purchase Intention, Purchase Decision

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Word Of Mouth, Minat Beli, dan Keputusan Pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 116 responden dengan metode kuisioner dan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah Word Of Mouth berpengaruh terhadap minat beli yang ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,489, signifikan dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 24%. Word of mouth berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian yang ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,329, signifikan dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 32,4%. Variabel Minat Beli memiliki pengaruh terhadap variabel  Keputusan Pembelian yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur (β) sebesar 0330, signifikan dengan  probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 32,4%. Oleh karena itu pihak Republica Cafe harus memperhatikan hal-hal yang dapat menunjang konsumen agar mereka dapat menyebarkan informasi positif kepada orang lain

Kata Kunci : Word Of Mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2015-05-29

Issue

Section

Articles