ANALISIS PENGELOLAAN MODAL KERJA UNTUK MENINGKATKAN LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS (studi pada PT. Pegadaian Cabang Kediri)

Authors

  • Andy Ramadhan Irawan

Abstract

Working capital is one important aspect of running a company, lack of working capital is an important factor for the day to day operating costs, because working capital is the main factor driving the company's operations and here more than half of the existing assets in the current assets of the company is an element of working capital. This research was conducted at PT. Pegadaian kediri branch which is a subsidiary company. The purpose of this study was to ascertain the management of working capital in the company is able to increase the liquidity and profitability. The method used descriptive research with quantitative approach. The results of the analysis in 2011-2013 showed that the working capital in 2012 increased and in 2013 decreased. Analysis liquidity ratio fluctuated in 2011-2013 showed the company and the profitability ratios also showed fluctuating.

Keywords : Working capital, Liquidity, Profitability

ABSTRAK

Modal kerja adalah salah satu aspek yang penting dalam menjalankan perusahaan, adanya modal kerja merupakan faktor penting untuk biaya operasi sehari hari, karena modal kerja merupakan faktor utama penggerak operasional perusahaan dan disini lebih dari separuh jumlah aktiva yang ada pada perusahaan adalah aktiva lancar yang merupakan unsur dari modal kerja. Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian cabang kediri yang merupakan anak cabang perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pengelolaan modal kerja pada perusahaan apakah dapat meningkatkan likuiditas dan profitabilitas. Metode yang digunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis dari tahun 2011-2013 menunjukkan bahwa modal kerja pada tahun 2012 meningkat dan pada tahun 2013 menurun. Analisis rasio likuiditas tahun 2011-2013 menunjukkan perusahaan berfluktuatif dan pada rasio profitabilitas juga menunjukkan fluktuatif.

Kata kunci : Modal kerja, Likuiditas, Profitabilitas

Downloads

Published

2015-05-18

Issue

Section

Articles