PENGARUH GREEN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN (SURVEI PADA MAHASISWA PROGRAM STRATA 1 FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA YANG MENGGUNAKAN PRODUK ELEKTRONIK MEREK SONY)

Authors

  • Ayu Almaulidta

Abstract

 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Green Brand terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah Green Brand (X), dan variabel antara dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (Y1), sedangkan variabel endogen yang digunakan terdiri dari dua yakni Keputusan Pembelian (Y1) dan Kepuasan Konsumen (Y2). Penelitian ini adalah jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa program S-1 FIA UB yang menggunakan produk elektronik Merek SONY. Teknik accidental sampling digunakan untuk menentukan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif dan analisis jalur digunakan untuk menentukan hasil analisis data dalam penelitian ini.Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Green Brand (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y1).  Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel Keputusan Pembelian (Y1) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y2). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa variabel Green Brand (X) secara tidak langsung berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y2) melalui variabel Keputusan Pembelian (Y1) sebagai variabel antara. Hasil ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel Green Brand (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y1) adalah sebesar 37,5% dan pengaruh variabel Keputusan Pembelian (Y1) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y2) adalah sebesar 56,1%. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa variabel Green Brand (X) secara tidak langsung berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y2) melalui variabel Keputusan Pembelian (Y1) sebesar 21%. SONY berhasil menunjukkan green brand-nya, dan perlu untuk terus mengembangkan produknya dengan inovasi dan kreativitas berdasarkan strategi ramah lingkungan serta perlu untuk memberikan informasi yang lebih rinci dan akurat mengenai produknya, sehingga informasi tersebut dapat meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap green brand produk elektronik Merek SONY. Kata Kunci: Green Brand, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen.

Downloads

Published

2015-03-03

Issue

Section

Articles