ENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Strata Satu Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Program Studi Ilmu Administrasi Publik, dan Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi

Authors

  • Endrik Andika

Abstract

This study aims  to  determine the effect of  brand  image  that consists  of  variables:  Image  Makers,  ImageUser,  and  Imagery  Products  to  Purchase Decision  Structures  and  simultaneous  partial  and  also to determine  the dominant influence  of independent variables.  This type of research  is quantitative.  This studytook place  in the  students of the Faculty  of Administrative Science  Malang.  The sampling technique  that isnon probability  sampling  through  purposive sampling technique.  The technique of collecting  data throughquestionnaires  using  a Likert  scale.  Data  from the study  prepared  by the method of  Multiple Regression Analysis with the t test, F test, and the coefficient of determination. The results of the study meunjukan value(coefficient of determination) of 0.554.  This means  that  55.4% variable  structure  Purchasing Decisions  will be influenced  by  the independent variables,  while the remaining  43.6%  variable  structure  Purchasing Decisions  will be influenced  by  other  variables  that are not  addressed in this study.  Then  the variable  is  the dominant image Users because it has a beta coefficient and t the greatest.

Keywords: Image Makers, Image User, Image Product, Purchase Decision Structure.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek yang terdiri dari variabel yaitu Citra Pembuat, Citra Pemakai, dan Citra Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian secara parsial dan serempak serta juga untuk mengetahui variabel bebas yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel yaitu Non probability Sampling melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data dari hasil penelitian diolah dengan metode Analisis Regresi Berganda dengan Uji t, Uji F ,dan koefisien determinasi. Hasil penelitian meunjukan nilai (koefisien determinasi) sebesar 0,554. Artinya bahwa 55,4% variabel Struktur Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, Sedangkan sisanya 43,6% variabel Struktur Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kemudian variabel Citra Pemakai adalah yang dominan karena mempunyai koefisien beta dan t hitung terbesar.

Kata Kunci: Citra Pembuat, Citra Pemakai, Citra Produk, Struktur Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2015-01-28

Issue

Section

Articles