ANALISIS MANAJEMEN KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH UNTUK MEMINIMALISIR KREDIT MACET PADA PRODUK KPR BTN IB (Studi Pada Kantor Bank Tabungan Negara Syariah Cabang Malang)

Authors

  • Noriesta Juni Wardhani

Abstract

The objectives of research are (1) to understand the management of House Ownership Credit (KPR) provided by BTN Syariah of Malang Branch; and (2) to acknowledge the management of BTN Syariah of Malang in dealing with default credit. Research type is descriptive research with qualitative approach. Data source includes primary and secondary. Literature study and interview with employees are conducted to obtain the favorable data. Techniques to collect these data are observation, interview and documentation. Data analysis is descriptive analysis. Result of research indicates that the management of house ownership credit provided by BTN Syariah has complied with procedures, credit management controls, and stipulations preceded by Banking Act of Bank Tabungan Negara Syariah of Malang Branch. Therefore, BTN attempts to improve its quality and performance such that annual growth rate default credit can be controlled in proper way.

Keywords: House Ownership Credit, bad credit

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengelolaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang diterapkan oleh BTN Syariah Cabang Malang; (2) untuk mengetahui pengendalian manajemen BTN Syariah Malang dalam upaya mengatasi kredit macet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang menggunakan dari data primer dan data sekunder, dengan melihat data studi dan wawancara dengan karyawan, untuk mendapatkan data yang diinginkan. Teknik pengambilan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: Pengelolaan kredit kepemilikan rumah yang diterapkan BTN Syariah sesuai dengan prosedur, pengendalian manajemen kredit dan ketentuan Undang-Undang Perbankan Bank Tabungan Negara Syariah Cabang Malang, oleh karena itu Bank BTN berusaha memperbaiki mutu dan kinerjanya agar tingkat pertumbuhan kredit macet dapat dikendalikan dari tahun ke tahun.

Kata kunci : Kredit Kepemilikan Rumah, kredit macet

Downloads

Published

2015-01-16

Issue

Section

Articles