PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENJUALAN (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang)

Authors

  • Didik Darmadi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • . Suharyono
  • Wasis A. Latief

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dilakukan pada PT. Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari perusahaan berupa laporan keuangan dalam tiga tahun terakhir yaitu tahun 2009-2011. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Dari analisis regresi linier sederhana diperoleh konstanta untuk penjualan sebesar Rp 13.706.968.487,599. Koefisien regresi untuk X sebesar 1640,278, artinya penjualan (Y) akan meningkat sebesar Rp 1.640,278 satuan untuk setiap peningkatan biaya promosi penjualan (X) sebesar Rp 1. Dari analisis koefisien determinasi  diperoleh hasil R(koefisien determinasi) sebesar 0,968, artinya bahwa 96,8% variabel volume penjualan akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya. koefisien korelasi nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0.984, nilai korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas dengan variabel volume penjualan sangat kuat karena pada selang 0,8 – 1,0. Hubungannya bersifat positif artinya jika variabel bebas yaitu biaya promosi penjualan ditingkatkan maka volume penjualan akan mengalami peningkatan. Jadi untuk meningkatkan volume penjualan diharapkan pimpinan dapat meningkatkan biaya promosi yang dapat meningkatkan volume penjualan. Keywords: Sales Promotion, Sales Volume, Sales, PT. Astra International Tbk-TSO Branch Malang Soetoyo. 

Downloads

Published

2013-06-18

Issue

Section

Articles