PENGARUH IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 yang Menggunakan Produk Sabun Mandi Merek Lifebu

Authors

  • Melynda Dyah Kurnyawati

Abstract

This Research aims to investigate direct influence of advertising on brand awareness, investigate direct influence of advertising on purchase decision, investigate direct influence of brand awareness on purchase decision.The research method was conducted by explanatory research with quantitative approach. The participants of this research are the students of the Faculty Administrative Sciences (FIA) Majoring Business Administration on Brawijaya University class of 2012-2013 who knows the advertising and using Lifebuoy soap. The total sample is 102 respondents with the sampling technique was employed purposive sampling and method of collecting data using poll. Analysis of the data in this research used descriptive analysis and path analysis. The results of this study found that variable Advertising significant effect on Brand Awareness variable with path coefficients (β) of 0.550 and a significance level of 0.000 (p < 0.05); variable Advertising does not significantly influence the purchase decision variable) with path coefficients (β) of 0.147 and 0.092 significance level (p > 0.05) ; (3) variable Brand Awareness  significantly influence the Purchase Decision variable with path coefficients (β) of 0.604 and a significance level of 0.000 ( p < 0.05 ) . Keywords: Advertising, Brand Awareness, Purchase Decisions Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh iklan terhadap brand awareness pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian, pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah  penelitian  penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian  ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya angkatan 2012-2013 yang mengetahui iklan, membeli dan menggunakan sabun mandi Lifebuoy. Sampel sebanyak 102 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa:  variabel iklan berpengaruh signifikan terhadap variabel brand awareness dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,550 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel iklan  berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,147 dan tingkat signifikansi 0,092 (p>0,05); (3) variabel brand awareness (Y­1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,604 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Kata kunci : Iklan, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-11-14

Issue

Section

Articles