PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Pembeli Produk Handphone Samsung Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2009–20012 Universitas Brawijaya Malang)

Authors

  • Erwin Nurcahya

Abstract

The objectives of research are  to understand the influence of quality on purchase decision, to acknowledge the influence of brand on purchase decision, to figure out the influence of design on purchase decision, and to find out the influence of quality, brand and design on purchase decision. This study is conducted by the students of Faculty of Administration and Business, Class of 2009-2012, University of Brawijaya Malang. Research type is explanatory research. Data collection device is questionnaire which is distributed to the sample which consists of 75 respondents. Data analysis tools are descriptive analysis and multiple linear analysis with the support of software SPSS v 17 for Windows.Result of research indicates that Quality, Brand, and Design have a partial and significant influence on Purchase Decision. It explains the contribution of dependent variables in the regression equation to Y . This variable, therefore, shall be given serious attention by company. Variables other than product attributes can also be examined because there is still standard error of 40 % which means that there are other variables influencing purchase decision. The product attributes attached in a product can be different based on the observed product such that it must be adjusted with the product attributes of the observed product. Keywords : Attributes Product , Purchase Decision Abstrak Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh mutu terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh merek terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh desain terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh mutu, merek dan desain terhadap keputusan pembelian. Studi ini dilakukan pada Mahasiswa FIA Bisnis Angkatan 2009-2012 Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian ini yaitu explanatory research, alat pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden dengan sampel sebanyak 75 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisisi linier berganda dengan bantuan software SPSS v 17 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, Mutu, Merek dan Desain berpengaruh secara signifikan hasil tersebut menjelaskan sumbangan atau kontribusi dari variabel-variabel bebas yang disertakan dalam persamaan regresi terhadap Y. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian yaitu mutu agar perlu diperhatikan oleh perusahaan. Peneliti lain meneliti variabel selain atribut produk mengingat masih ada nilai sisa yaitu standard error yaitu sebesar 40% yang berarti masih terdapat variabel-variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian, dan karena selain itu atribut produk yang melekat pada suatu produk dapat berbeda-beda sesuai dengan produk yang yang diteliti, sehingga diperlukan untuk menyesuaikan atribut produk dengan produk yang diteliti. Kata kunci: Atribut Produk, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-10-22

Issue

Section

Articles