ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya)

Authors

  • Niluh Made Wesya Nugrahani

Abstract

The purpose of this research is to know the systems and procedures of the tax collection system and procedures as well as Billboard poll tax Billboard in an attempt to support a good internal control in financial management and Revenue Department city of Surabaya. The type of research used is discriptive research with approach case studies. The focus of this research include the systems and procedures of the poll tax Ads, elements of internal control, and internal control Systems of Government (SPIP). Based on the results of the research an analysis of weaknesses related to the risk assessment are: yet the awareness of persil owners to apply for permission for advertising, licensing site persil. Analysis of internal control with regards to controlling activities carried out with the intention of following up the efforts for tackling the problems that often occur. Obstacles still facing is the advertisement expires is not extended, the organizers still found a billboard not a Taxpayer and being passivity with regard to their obligations to pay taxes owed, as well as there is a delay in payment of tax by the taxpayer.

Keyword: Local tax, Taxpayer, the Government Internal Control Systems.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur pemungutan pajak reklame serta sistem dan prosedur pemungutan pajak reklame dalam upaya mendukung pengendalian intern yang baik pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini meliputi sistem dan prosedur pemungutan pajak reklame, unsur-unsur pengendalian intern, dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Secara umum, sistem dan prosedur pemungutan pajak reklame di DPPK Kota Surabaya telah baik. Berdasarkan penelitian, ditemukan berkaitan dengan penilaian risiko adalah: belum adanya kesadaran dari pemilik persil untuk mengajukan permohonan izin penyelenggaraan reklame, perizinan lokasi persil. Analisis pengendalian intern berkaitan dengan kegiatan pengendalian dilakukan dengan maksud menindaklanjuti upaya penanggulangan permasalahan yang kerap terjadi.  Kendala yang masih dihadapi adalah reklame yang habis masa berlakunya tidak diperpanjang, masih ditemui penyelenggara reklame yang belum menjadi Wajib Pajak dan bersikap pasif menyangkut kewajibannya membayar pajak terutang, serta terdapat keterlambatan pembayaran pajak yang dilakukan Wajib Pajak.

Kata kunci: Pajak Daerah, Wajib Pajak, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Downloads

Published

2014-10-17

Issue

Section

Articles