ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN MODAL KERJA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang terdaftar di BEI)

Authors

  • Boby Widjaja

Abstract

This research aims to analyze management working capital effective in relation to profitability in PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Research method used in this research is method research descriptive by analysis working capital based on the concept qualitative. Focus on this research is working capital management consisting of: source and use of working capital effectiveness management working capital and analysis net working capital turnover, and profitability PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Based on the result of the study can be known that the cash management is good, inventory management decline, receivable management decline, debt management experiencing fluctuations, working capital turnover decline, and profitability ratio experiencing fluctuations during the year 2011-2013.

Keyword: Working capital, Effective, Profitability, and Management.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengelolaan modal kerja yang efektif dalam hubungannya dengan profitabilitas pada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan analisis modal kerja berdasarkan konsep kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah pengelolaan modal kerja yang terdiri dari: sumber dan penggunaan modal kerja, efektivitas pengelolaan modal kerja, dan analisis perputaran modal kerja bersih, serta profitabilitas PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengelolaan kas sudah baik, pengelolaan persediaan mengalami penurunan, pengelolaan piutang mengalami penurunan, pengelolaan hutang mengalami fluktuasi, perputaran modal kerja mengalami penurunan, dan rasio profitabilitas mengalami fluktuasi selama tahun 2011-2013.

Kata Kunci: Modal kerja, Efektif, Profitabilitas, dan Pengelolaan.

Downloads

Published

2014-10-17

Issue

Section

Articles