PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE DAN STRUKTUR KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Followers Account Twitter @PertamaxIND Pengguna Bahan Bakar Ramah lingkungan Pertamax Series)

Authors

  • Yusuf Romadon

Abstract

This research aims to examine The Influence of green marketing on brand image and structure of purchase decision Pertamax series. Data obtained by spreading questionnaires to respondens who are the  followers of Twitter account @PertamaxIND using environmentally friendly fuels Pertamax series. Number of samples use 120 respondents using simple random sampling. Data analysis uses descriptive analysis and path analysis. The research proves that green marketing has influence on brand image, green marketing has influence not significantly on the structure of purchase decision and brand image has influence on structure of purchase decision. This research recommended that PT. Pertamina may facilitate the implementation of green marketing not only through green product and green pricing, especially through the promotion and distribution of environmentally to form a positive brand image and consumers may consider it to decide on the purchase.

Keywords: Green marketing, Brand Image, Structure of Purchase Decision


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green marketing terhadap brand image dan struktur keputusan pembelian pada produk Pertamax series. Data diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang merupakan followers account Twitter @PertamaxIND pengguna bahan bakar ramah lingkungan Pertamax series. Jumlah sampel sebanyak 120 orang responden dengan menggunakan simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel green marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel brand image, variabel green marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel struktur keputusan pembelian dan variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur keputusan pembelian. Disarankan agar PT. Pertamina meningkatkan penerapan green marketing tidak hanya melalui green product dan green pricing, terlebih lagi melalui promotion dan distribution sehingga dapat terbentuk brand image yang positif dan konsumen dapat mempertimbangkan hal tersebut untuk memutuskan pembeliannya.
Kata kunci: Green marketing, Brand Image, Struktur Keputusan Pembelian

 

Downloads

Published

2014-10-17

Issue

Section

Articles