ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN GABAH/BERAS DALAM MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN [Studi pada Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) Sub Divisi Regional Malang]

Authors

  • Maya Novitasari

Abstract

The analysis of purchase accounting system is a procedure done by Public Company of Logistics Agency (Bulog) Malang Sub Divre to buy raw materials. The procedure on the purchase accounting system uses the documents to record every transaction made. The goal is to have a good implementation in internal control, so that the purchasing transaction goes according to the procedure. The purpose of this study is to determine the purchase accounting system implemented by Public Company of Logistics Agency (Bulog) Malang Sub Divre and to know whether the implementation of the grain/rice purchase has already supported the implementation of good internal control. Besides learning the documents, another technique applied is direct observation on the purchasing process in Public Company of Logistics Agency (Bulog) Malang Sub Divre. Based on the research results, it can be known that the documents used in the purchasing procedure has been quite good, each function has been carrying out its responsibilities and at the time of the execution of stock opname done suddenly to avoid cheating. Keywords: Purchasing Accounting Systems, Internal Control ABSTRAK Analisis sistem akuntansi pembelian merupakan prosedur yang dilakukan oleh Perum BULOG Sub Divre Malang  untuk membeli bahan baku. Prosedur  pada sistem akuntansi pembelian menggunakan dokumen-dokumen untuk merekam setiap transaksi yang dilakukan. Tujuannya agar terlaksananya pengendalian intern yang baik, sehingga transaksi pembelian berjalan sesuai dengan prosedur.Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui sistem akuntansi pembelian yang dilaksanakan oleh Perum BULOG Sub Divre Malang selain itu untuk mengetahui pelaksaan pembelian gabah/beras sudah mendukung terlaksananya pengendalian intern yang baik. Selain mempelajari dokumen, teknik yang dilakukan yaitu mengamati secara langsung pada proses pembelian pada Perum BULOG Sub Divre Malang.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dokumen-dokumen yang digunakan dalam prosedur pembelian sudah cukup baik, masing-masing fungsi sudah melaksanakan tanggungjawabnya dan pada saat pelaksanaan stock opname dilakukan secara mendadak untuk menghindari adanya kecurangan. Kata kunci : Sistem Akuntansi Pembelian, Pengendalian Intern

Downloads

Published

2014-08-26

Issue

Section

Articles