EFEKTIVITAS PENGELOLAAN MODAL KERJA UNTUK MENINGKATKAN LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk)

Authors

  • Budi Purnomo

Abstract

Working capital is important to carries out the daily operations of a company, the presence of sufficient working capital enables a company to not having a problem and difficulty in carrying out the activities. This research conducted at PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk which is one of biggest cement plant in indonesia. The purpose of this research was to know the working capital’s management policy at PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk and to determine whether the working capital to improve the liquidity and profitability. Method used in this research is a descriptive research with quantitative approach. The focus of this research are working capital’s management included analysis of the sources and uses of working capital and the effectiveness of working capital’s management, analysis of liquidity and profitability ratio. Data analysis during 2011-2013 shown that working capital’s management at 2012 ineffective and at 2013 is effective. Analysis the ratio of  liquidity shows that in 2012 liquidity company decrease and in 2013 increased. Analysis the ratio profitability shows that in 2012 profitability company hat increase and decreased in 2013.

Keywords : Working Capital, Liquidity, Profitability

Abstrak

Modal kerja sangat penting bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari, adanya modal kerja yang cukup memungkinkan suatu perusahaan tidak akan mengalami hambatan dan kesulitan dalam melaksanakan aktivitasnya. Penelitian ini dilakukan di PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk yang merupakan salah satu pabrik semen terbesar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk dan apakah modal kerja dapat meningkatkan likuiditas dan profitabilitas. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah pengelolaan modal kerja yang meliputi analisis sumber dan penggunaan modal kerja, efektivitas pengelolaan modal kerja, analisis rasio likuiditas, dan analisis rasio profitabilitas. Hasil analisis data selama tahun 2011-2013, menunjukkan bahwa pengelolaan modal kerja perusahaan pada tahun 2012 belum efektif dan pada tahun 2013 sudah efektif. Analisis rasio likuiditas menunjukkan bahwa pada tahun 2012 likuiditas perusahaan mengalami penurunan dan pada tahun 2013 mengalami peningkatan. Analisis rasio profitabilitas menunjukkan bahwa pada tahun 2012  profitabilitas perusahaan mengalami peningkatan dan penurunan pada tahun 2013.

Kata Kunci : Modal Kerja, Likuiditas, Profitabilitas

Downloads

Published

2014-07-21

Issue

Section

Articles