ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN TERHADAP PERENCANAAN VOLUME PENJUALAN DAN LABA (Studi Kasus Pada PT. Cakra Guna Cipta Malang Periode 2011-2013)

Authors

  • Retno Ariyanti

Abstract

Break Even Point (BEP) is a technique of analyzing that is used to know the sales in total equal to the payment so that a company experienced a break-even. The used of this analyzing BEP is meant so that a management could know at what point could a company sells in minimun so that a break-even could be gained, so that the management could make a decision in planning a sales target above minimum sales to get profits. The objective of this research is to know the rate of BEP that was reached in the selling volume planning and the profit in 2011/2013 and to know the rate of selling that is reached to fulfill the profit's target in 2014. The result of this analysis shows that BEP mix value reached by the company in 2012 is Rp 3.924.783.972,52. In 2012, BEP mix value that was reached is Rp 5.309.131.772,23 and in 2013, Rp 4.067.022.479,13. In 2013, it was the year plans were made for selling volume  and profits by the year of 2014.

Key words : break even point, plans, sales volume, profits

ABSTRAK

Analisis Break Even Point (BEP) merupakan suatu teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui keadaan dimana perusahaan tidak menderita rugi dan juga tidak mendapatkan laba atau impas. Penggunaan analisis Break Even Point ini dimaksudkan agar manajemen dapat mengetahui pada tingkat penjualan minimal berapakah perusahaan mengalami impas, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan untuk merencanakan target penjualan di atas penjualan minimal agar menghasilkan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat BEP yang dicapai dalam perencanaan volume penjualan dan laba pada PT. Cakra Guna Cipta Malang periode 2011-2013 dan untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai oleh PT. Cakra Guna Cipta Malang untuk memenuhi target laba yang diinginkan pada periode 2014. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai BEP mix yang dicapai perusahaan untuk tahun 2011 sebesar Rp 3.924.783.972,52. Tahun 2012 BEP mix yang dicapai adalah sebesar Rp 5.309.131.772,23 dan tahun 2013 BEP mix yang didapatkan sebesar Rp 4.067.022.479,13. Tahun 2013 menjadi tahun dasar untuk perencanaan volume penjualan dan laba di tahun 2014.

Kata kunci : break even point, perencanaan, volume penjualan, laba

Downloads

Published

2014-06-12

Issue

Section

Articles