PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) (Studi pada PT. Berlina, Tbk dan Anak Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)

Authors

  • Meilia Dian Pratiwi

Abstract

The significance of study is knowing the financial performance of the company by using the financial ratio analysis and Economic Value Added (EVA) method. The method used in the study is a descriptive method with a quantitative approached. The object of study is PT. Berlina, Tbk and the subsidiaries listed in Indonesia Stock Exchange. The financial performance of PT. Berlina, Tbk based on the financial ratio analysis show the activity and the profitability ratio as a dominant. This indicated the company had an adequate financial performance eventhough the liquidity and the leverage ratio are still inadequate. The financial performance of PT. Berlina, Tbk based on EVA method show that the financial performance is in a good condition. This is shown by the positive EVA value which is increase annually in the amount Rp. 4.110.190.000 in 2010 to Rp. 12.387.554.000in 2011 and increase again to Rp. 47.141.312.000 in 2012. This indicated that the company manage to create the added value for the share holders.

Key words: financial performance, financial ratio, EVA

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan analisis rasio keuangan dan metode Economic Value Added (EVA). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Obyek dalam penelitian ini adalah PT. Berlina, Tbk dan Anak Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja keuangan PT. Berlina, Tbk berdasarkan analisis rasio keuangan menunjukkan bahwa rasio yang paling dominan adalah rasio aktivitas dan profitabilitas. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan ini memiliki kinerja keuangan yang cukup baik walaupun dari rasio likuiditas dan leverage nya masih belum maksimal. Sedangkan kinerja keuangan PT. Berlina, Tbk berdasarkan metode EVA menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan dalam kondisi yang baik. Ini ditunjukkan dari nilai EVA yang selalu positif dan meningkat di setiap tahunnya yaitu sebesar Rp 4.110.190.000 di tahun 2010 kemudian meningkat menjadi Rp 12.387.554.000 di tahun 2012 dan meningkat kembali menjadi Rp 47.141.312.000 di tahun 2012. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan telah mampu menciptakan nilai tambah bagi para pemegang sahamnya.

Kata kunci: kinerja keuangan, rasio keuangan, EVA

Downloads

Published

2014-04-23

Issue

Section

Articles