EVALUASI SISTEM PENGGAJIAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN (STUDI KASUS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) MALANG)

Authors

  • . Sulistyawati

Abstract

This study aims to determine the payroll system of PT. Pos Indonesia (Persero) Malang and to know the payroll system that done by PT. Pos Indonesia (Persero) Malang has fulfilled aspects of internal control or not. Data collection is done through observation, interviews, and documentation. The method used is descriptive method to present the facts about the payroll system at PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. The results of this study concluded that there are weaknesses in functions related to payroll system because there are not a function of recording time. Payroll system ofPT.Pos Indonesia (Persero) Malang has drawbacks because the payroll system is done only by one person HR staff. In terms of internal control systems, organizational structure on PT. Pos Indonesia (Persero) is not good enough because the position of staff has not been reflected in the organizational structure and the jobdescription PT. Pos Indonesia (Persero) none of the parts that have the duty to hold the employee payroll matters either HR or finance and BPM.

Keywords : payroll systems , internal control systems

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penggajian yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Malang dan untuk mengetahui sistem penggajian yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Malang sudah memenuhi aspek pengendalian intern atau belum. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menyajikan fakta mengenai sistem penggajian pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat kelemahan pada fungsi yang terkait dalam sistem penggajian karena belum terdapat fungsi pencatatan waktu. Sistem penggajian PT. Pos Indonesia (Persero) Malang memiliki kelemahan karena sistem penggajian dilakukan hanya oleh satu orang staff SDM. Dalam hal sistem pengendalian intern, struktur organisasi pada PT. Pos Indonesia (Persero) belum cukup baik karena kedudukan staff belum tergambar dalam struktur organisasi dan dalam jobdescription PT. Pos Indonesia (Persero) tidak ada satupun bagian yang memiliki tugas untuk memegang urusan penggajian karyawan baik bagian SDM ataupun keuangan dan BPM.

Kata kunci: sistem penggajian,sistem pengendalian intern

Downloads

Published

2014-03-12

Issue

Section

Articles