PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEMANFAATAN PADA SIKAP PENGGUNA E-LEARNING Survei pada mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang angkatan 2011

Authors

  • Alfin Lutfi Aziz

Abstract

The research aims to: (1) influence ease of use e-learning on usefulness of e-learning. (2) influence ease of use on e-learning user attitudes (3) influence of usefulness on e-learning user attitudes. Researcher want to know how a person's attitude toward technology acceptance by using Technology Acceptance Model. This research type is explanation. that shows a causal relationship between research variables by testing hypotheses. Exogenous variable in this research is the ease of use of e-learning (X1), and the endogenous variable is the usefulness of e-learning (X2) and   e-learning user attitudes (X3). This research took a student population from Business Administration Department, Faculty of Administrative Business Science by taking a sample of 81 students from 422 students, sampling techniques is using simple random sampling and data collection techniques is using questionnaires. Data analysis used is descriptive analysis and path analysis. the results of this analysis there is significant correlation between variables the ease of use of e-learning(X1) against the usefulness of e-learning variables(X2), then variables ease of use of            e-learning(X1) has a positive and significant influence against the e-learning user attitudes(X3) as well as the usefulness of e-learning variables(X2) which have positive and significant effect on the e-learning user attitudes (X3)

Keywords: The ease of use of e-learning, the usefulness of e-learning and e-learning user attitudes.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemudahan penggunaan e-learning berpengaruh terhadap kemanfaatan e-learning(2) kemudahan penggunaan e-learning berpengaruh terhadap sikap pengguna e-learning, (3) kemanfaatan e-learning berpengaruh terhadap sikap pengguna e-learning. Peneliti ingin mengetahui bagaimana sikap seseorang terhadap penerimaan teknologi dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), dimana untuk mengukur suatu sikap seseorang dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan kemanfaatan dari suatu teknologi Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menunjukkan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian dengan pengujian hipotesis. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah Kemudahan Penggunaan              e-learning (X1) dan variabel Endogenya adalah Kemanfaatan e-learning (X2) dan Sikap Pengguna                e-learning (X3).penelitian ini mengambil populasi mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dengan mengambil sampel sebanyak 81 mahasiswa dari 422 mahasiswa, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan ,teknik penggumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur.Dari hasil analisis ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kemudahan penggunaan e-learning (X1) terhadap variabel Kemanfaatan e-learning (X2), kemudian variabel Kemudahan Penggunaan e-learning (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Sikap Pengguna e-learning (X3), begitu juga variabel Kemanfaatan e-learning (X2) yang berpengaruh positif dan signifikan terhdap variabel Sikap Pengguna e-learning (X3).

Kata kunci: Kemudahan pengunaan e-laerning, kemanfaatan e-learning, dan sikap penggunan e-learning.


Downloads

Published

2013-12-27

Issue

Section

Articles