PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Peraih CSR Award Periode 2016-2018 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Ismi Novitasari Haemi Putri

Abstract


Social responsibility is a form of corporate responsibility to (external) stakeholders for the company's operational activities, and is a form of sustainability report. Corporate Social Responsibilty (CSR) can be an innovation for the company, apart from being a social responsibility program it can also be used as a development and innovation for the company in order to increase the company's profitability. For example, by selling products using environmentally friendly materials. Therefore, the CSR program can affect profitability because it is related to the company's image in front of the public. This study aims to determine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) as an independent variable (X) on company profitability as the dependent variable (Y), which is proxied by Return On Assets (ROA) (Y1), Return On Equity (ROE) (Y2), and Earning Per Share (EPS) (Y3). This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The population in this study were 50 companies that won CSR awards for the 2016-2018 period which were listed on the Indonesian stock exchange in 2016-2018. While the sample of this study was 29 companies in accordance with predetermined criteria. The analysis method uses simple linear analysis.

Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Company Profitability

ABSTRAK

Tanggung jawab sosial merupakan suatu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pemangku kepentingan (eksternal) atas kegiatan operasional yang dilakukan perusahaan, dan merupakan salah satu bentuk dari laporan keberlanjutan. CSR perusahaan dapat menjadi salah satu inovasi bagi perusahaan, selain sebagai program tanggung jawab sosial juga dapat dijadikan sebagai pengembangan dan inovasi bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan profitabilitas perusahaan. Contohnya dengan melakukan penjualan produk dengan menggunakan bahan ramah lingkungan. Oleh karena itu, program CSR dapat mempengaruhi profitabilitas dikarenakan berkaitan dengan citra perusahaan dihadapan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel independen (X) terhadap profitabilitas perusahaan sebagai variabel dependen (Y) yang diproksikan oleh Return On Assets (ROA) (Y1), Return On Equity (ROE) (Y2), dan Earning Per Share (EPS) (Y3). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan peraih CSR award periode 2016-2018 yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2016-2018 sebanyak 50 perusahaan. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 29 perusahaan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Metode analisis menggunakan analisis linear sederhana.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas Perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.