PENGARUH PROMOSI PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN MANCANEGARA KE ODTW (Survei pada Tourist Information Center Malioboro Kota Yogyakarta)

Authors

  • Bima Noveka Hartyanto
  • Edriana Pangestuti

Abstract

This research is motivated by the importance of considering election or decision making in visiting decision, which always influenced by promotional mix factors such as advertising, sales promotion, personal selling, and publicity towards foreign tourist decision to visit a tourism destination in Yogykarta while visit Tourist Information Center Yogyakarta. This research is a quantitative research with explanatory research type. Population in this research are foreign tourist who visited Tourist Information Center Yogyakarta by using purposive sampling technique. Data collection in this research using an offline questionnaire. Data in this research analysed with descriptive analysis technique, simple regression analysis and t test. The result of this research showed that the promotional mix has a significant influence on the visit decision. Hence it can be concluded that there is a significant influence between Promotional Mix (X) on Visit Decision (Y). This research is expected to be able to advise Tourist Information Center Yogyakarta to further improve activities on promotions. This research is also expected to be develop by the next similar research by adding other variables that have been used in this research.

Keywords: Promotional Mix, Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Publicity, Visit Decision

ÐBSTRÐK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempertimbangkan pemilihan atau mengambil keputusan dalam menentukan kunjungan wisata, yang selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor bauran promosi seperti periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan publisitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancanegara ke ODTW di Yogyakarta yang berkunjung ke Tourist Information Center Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research. Populasi dalam penelitian ini yaitu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Tourist Information Center Yogyakarta dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner offline. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bauran Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Bauran Promosi (X) terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada Tourist Information Center Yogyakarta untuk lebih meningkatkan lagi kegiatan-kegiatan dalam bentuk promosi. Penelitian ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh penelitian sejenis yang berikutnya dengan menambahkan variabel-variabel lainnya diluar variabel yang ada dalam penelitian ini.

Kata Kunci:     Bauran Promosi, Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas, Keputusan Berkunjung

 

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Articles