THE INFLUENCE OF ADVERTISING AND SALES PROMOTION TOWARD CONSUMERS PURCHASE DECISION (Survey on Brawijaya University under-graduate student as Nescafe consumer)

Authors

  • Arda Norochim Sukamto
  • Andriani Kusumawati
  • Yusri Abdillah

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk menjelaskan periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 2) Untuk menjelaskan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 3) Untuk menguji yang mana satu dari dua variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Aksidental Sampling dengan jumlah responden 100 responden yang disebarkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert. Variabel penelitian ini adalah Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2) dan Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini telah diadakan di Kantin Halalan Thoyyiban, yang sebelumnya dikenal sebagai Citra Land (CL). Kantin Halalan Thoyyiban terletak di Jl. MT. Haryono No.6 Malang dimana lokasinya terletak di dalam wilayah Kampus Universitas Brawijaya (UB). Penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel periklanan (X1) telah mempengaruhi keputusan pembelian (Y) secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan (X2) mempengaruhi keputusan pembelian (Y) secara signifikan. Periklanan (X1) memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dari pada Sales Promotion (X2).

Kata kunci: Periklanan, Promosi Penjualan dan Keputusan Pembelian

ABSTRACT

The research objectives are: 1) To explain the influence of advertising on consumer’s purchase decision. 2) To explain the influence of sales promotion on consumer’s purchase decision. 3) To examine which one of the two variables has dominant effect on consumer’s purchase decision. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. This research used Accidental sampling technique with the number of respondents 100 respondents data, the research data was distributed on questionaire by using Likert scale. The variables of this research are Advertising (X1), Sales Promotion (X2) and Purchase Decision (Y). The research was held in Academic UB Halalan Thoyyiban Canteen, which formerly known as Citra Land (CL). UB Halalan Thoyyiban Canteen is located in Jl. MT. Haryono No.6 Malang. The location is inside Brawijaya University (UB). This research is using regression data analysis methods. The result of this research shows that advertising variable (X1) has a significant influence toward purchase purchasing decisions (Y). The results also show that sales promotion (X2) has a significant influence toward purchase decisions (Y). Advertising (X1) has a dominant influence toward Purchase Decision (Y), rather than Sales Promotion (X2).

Key word: Advertising, Sales Promotion, Purchase Decision

Downloads

Published

2019-09-20

Issue

Section

Articles