PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (Survei Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Malang)

Authors

  • Detha Alfrian Fajri

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Proses (X4), Orang (X5), Bukti Fisik (X6), Lokasi  (X7) secara bersama-sama atau simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Proses Keputusan Menabung (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 8,705 yang lebih besar dari Ftabel (8,705 > 2,316) dengan tingkat sig.F lebih kecil dari α (0,05) dan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,357. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel-variabel Bauran Pemasaran Jasa secara simultan memberikan kontribusi terhadap Proses Keputusan Menabung adalah sebesar 35,7 % sedangkan sisanya sebesar 64,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel Produk (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Proses Keputusan Menabung (Y) yang ditunjukan dengan koefisien beta tertinggi yaitu 0,274 dan nilai t hitung yang paling besar yaitu 2,493. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1). Bauran Pemasaran Jasa yang terdiri dari Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Proses (X4), Orang (X5), Bukti Fisik (X6), Lokasi  (X7) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Proses Keputusan Menabung (Y). 2). Variabel Produk (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Proses Keputusan Menabung (Y). Kata kunci : Produk, Harga, Promosi, Proses, Orang, Bukti Fisik, Lokasi, Keputusan Menabung Abstract The results show that the variable the Product (X1), price (X2), promotion (X3), processes (X4), people (X5), physical evidence (X6), location (X7) jointly or simultaneous has influence significantly to the decision process of saving (Y) with a value of y F hitung 8,705 greater than ftabel (8,705 > 2,316) with the level of sig.f smaller than α (0.05) and adjusted R square value is as much as 0,357. It means that the ability of the variables service marketing mix simultaneously contributed to the process of decision is worth saving 35,7 % while the rest of 64,3 % influenced by other variables that is not discussed in this research. The result of this research was also show that variable the product (X1) is variable who is influential dominant to the decision saving (Y) indicated by a coefficient beta highest namely 0,274 and value t hitung most large namely 2,493. Conclusions from these studies are: 1). services marketing mix comprising the Product (X1), price (X2), promotion (X3), processes (X4), people (X5), physical evidence (X6), location (X7)  influential significant and positive decision to the simultaneous saving (Y). 2). Variable variable product (X1) is the dominant influence the decision to the saving (Y). Keywords: Product, price, promotion, processes, people, physical evidence, location, decision to the saving  

Downloads

Published

2013-11-22

Issue

Section

Articles