PENGARUH ONLINE BEHAVIORAL ADVERTISING (OBA) TERHADAP SIKAP DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 yang Menggunaka

Authors

  • Ortin Krisdianto
  • Achmad Fauzi DH
  • Ari Irawan

Abstract

This research aimed to determine: 1)the effect of Online Behavioral Advertising (OBA) on Attitude; 2)Effect of Attitude on Purchase Intention; 3)The influence of Online Behavioral Advertising (OBA) on Purchase Intention. This research uses explanatory research with a qualitative approach, and instrument of this research is using a questionnaire. The sample used is 115 respondents who are students of the Department of Business Administration Science Force 2014/2015, 2015/2016, and 2016/2017 Faculty of Administration Sciences University of Brawijaya who use Instagram social media. Data analysis used descriptive analysis and path analysis. The results showed that: 1)Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) had a significant effect on Attitude (Y1); 2)Attitude (Y1) has a significant effect on Purchase Intention (Y2); 3)Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) does not have a significant effect on Purchase Intention (X2). The indirect effect of Online Behavioral Advertising (OBA) through Attitude (Y1) on Purchase Intention (Y2) is greater than the direct effect of Online Behavioral Advertising (OBA) on Purchase Intention (Y2). The use of Online Behavioral Advertising (OBA) for fashion ads on Instagram social media should be able to give a positive attitude response so that it can lead to Purchase Intention.

Keywords: Online Behavioral Advertising (OBA), Attitude, Purchase Intention.

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Sikap; 2) Pengaruh Sikap terhadap Minat Beli; 3) pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Minat Beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 115 orang responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 Universitas Brawijaya yang menggunakan media sosial Instagram dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Y1), 2) Sikap (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y2), 3) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (X2). Pengaruh tidak langsung Online Behavioral Advertising (OBA) melalui Sikap (Y1) terhadap Minat Beli (Y2) lebih besar daripada pengaruh langsung Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Minat Beli (Y2). Penggunaan Online Behavioral Advertising (OBA) untuk iklan fashion di media sosial Instagram sebaiknya dapat memberikan respons Sikap yang positif sehingga dapat menimbulkan Minat Beli.

Kata kunci: Online Behavioral Advertising (OBA), Sikap, dan Minat Beli.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles