ANALISIS DAMPAK CITY BRANDING TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN KE KABUPATEN BANYUWANGI (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi)

Authors

  • Ika Septiana Puspita Sari
  • Edriana Pangestuti
  • Supriono Supriono

Abstract

This research is a descriptive study with a qualitative approach. The location of the study was taken at the Banyuwangi Regency Culture and Tourism Office. Techniques gather that are used by medical staff: interviews, documentation and observation. Instructions have been made on: interview guides, supporting devices, field notes and researchers. The focus of research is; 1. Explanation of tourism potential in Banyuwangi Regency, 2. Explanation of the impact of applying city branding on tourist visits to Banyuwangi Regency, 3. The obstacles faced by Banyuwangi Regency in implementing city branding. The purpose of this study is: 1) Explain the tourism potential in Banyuwangi Regency, 2) Explain the application of the city branding impact on tourist visits to Banyuwangi Regency, 3) Explain the obstacles faced by Banyuwangi Regency in implementing city branding. City branding theory is a theory that explains how the Government's implementation in forming city branding in Banyuwangi Regency. The theory of tourist visits can be seen before and after the city branding can be affect the interest of tourist visits to Banyuwangi Regency. This type of research is descriptive research with a qualitative approach.

Keywords: City Branding, Tourist Visits

ÐBSTRÐK

Pеnеlitiаn ini mеrupаkаn pеnеlitiаn dеskriptif dеngаn pеndеkаtаn kuаlitаtif. Lokasi penelitian yang diambil adalah bertempat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Tеknik pеngumpulаn dаtа yаng digunаkаn olеh pеnеliti аntаrа lаin: wawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumеnt pеnеlitiаn yаng digunаkаn iаlаh: pedoman wawancara, perangkat penunjang, catatan lapangan dan peneliti. Adapun fokus penelitian yaitu; 1. Penjelasan mengenai potensi wisata di Kabupaten Banyuwangi, 2. Penjelasan mengenai dampak penerapan city branding terhadap kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi, 3. Hambatan yang dihadapi oleh Kabupaten Banyuwangi dalam penerapan city branding. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menjelaskan potensi wisata di Kabupaten Banyuwangi, 2) Menjelaskan dampak penerapan city branding terhadap kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi, 3) Menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Kabupaten Banyuwangi dalam penerapan city branding. Teori city branding merupakan teori yang menjelaskan bagaimana implementasi Pemerintah dalam membentuk city branding Kabupaten Banyuwangi. Teori kunjungan wisatawan dapat dilihat dari sebelum dan sesudah adanya city branding yang dapat mempengaruhi minat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan pendekatan kualitatif.

Kаtа Kunci: City Branding, Kunjungan Wisatawan


Downloads

Published

2019-07-04

Issue

Section

Articles