ANALISIS DAMPAK CREDIT RATING ANNOUNCEMENT TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Diperingkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) Tahun 2014-2016)

Authors

  • Ni Wayan Kartika Yowana
  • Nila Firdausi Nuzula

Abstract

This study aims to determine the impact of credit rating announcement to stock return in companies by looking at how the market react when credit rating announcement occur. The impact of credit rating announcement on stock return is analyzed using the event study method based on whether there is any chenges of abnormal return before credit rating announcement and after credit rating announcement . The problem in this research is whether there is any chenges of abnormal return in the period before credit rating announcement and after credit rating announcement. The type of study used is event study with a quantitative descriptive approach. The variables in this study is abnormal return. The population in this research are companies that ranked by PT. Pemeringkat Eefek Indonesia (PEFINDO) in 2014-2016 with total of 95 companies. The type of data in this study is quantitative data. The results of this study showed that there was no significant difference between abnormal return before credit rating announcement and abnormal return after credit rating announcement. The absence of market reactions is due to the absence of new information absorbed by the market at the time of credit rating announcement occur. Which can be concluded that the credit rating announcement does not affect the stock price.

Kеywords: Credit rating, Stock return, Abnormal return

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari credit rating announcement terhadap return saham pada perusahaan dengan melihat bagaimana reaksi pasar pada saat credit rating announcement terjadi. Ada atau tidaknya dampak credit rating announcement terhadap return saham dianalisis dengan menggunakan metode studi peristiwa berdasarkan ada atau tidaknya perubahan abnormal return sebelum credit rating announcement dan setelah credit rating announcement. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan abnormal return pada periode sebelum credit rating announcement dan setelah credit rating announcement. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi peristiwa (event study) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel di dalam penelitian ini adalah abnormal return. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang diperingkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) tahun 2014-2016 dengan jumlah 95 perusahaan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum credit rating announcement dan abnormal return setelah credit rating announcement. Tidak adanya reaksi pasar disebabkan karena tidak adanya kandungan informasi baru yang diserap pasar pada saat credit rating announcement berlangsung. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa credit rating announcement tidak memengaruhi harga saham.

Kаtа Kunci: Credit rating, Stock return, Abnormal return

Downloads

Published

2019-06-24

Issue

Section

Articles