PENGARUH FAKTOR INTERNAL PSIKOLOGIS PENGUNJUNG TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWISATA PARALAYANG (Survei Pada Pengunjung Domestik Wisata Paralayang Gunung Banyak Batu)

Authors

  • Nurul Patin Islam
  • Edriana Pangestuti

Abstract

This research is motivated by the importance of considering election or taking decisions in using tourism services, which are always influenced by visitors' internal psychological factors such as motivation, perception, attitude, learning and personality. This research was conducted at the Paralayang Gunung Banyak as one of the special interest tours in Batu with a type of sports tourism known as extreme tourism because it has a high enough risk so visitors who ride paradigling must have their own reasons for choosing the tour. This research is a quantitative research with an explanatory type. The population in this research were domestic visitors of Paragliding in Gunung Banyak Batu. The number of samples used was 118 respondents of domestic visitors who had  paragliding tourism. The research is using purposive sampling technique with predetermined characteristics. The instrument in this research uses a questionnaire. Measurement scale using a Likert Scale. The data in this research were analyzed by descriptive analysis techniques, simple regression analysis and t-test . The data in this research were processed by the IBM SPSS Statistics 20 application for Windows.

Kеywords: Internal Factors Psychological, Making a Decision

ÐBSTRÐK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempertimbangkan pememilihan atau mengambilan keputusan dalam menggunakan jasa wisata, yang selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor internal psikologis pengunjung seperti motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran dan kepribadian. Penelitian ini dilakukan di Paralayang Gunung Banyak sebagai salah satu wisata minat khusus di Batu dengan jenis wisata olahraga yang dikenal dengan wisata extreme karena mempunyai resiko yang cukup tinggi sehingga pengunjung yang menaiki paralayang pastinya mempunyai alasan tersendiri memilih wisata tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research (penelitian penjelas). Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung domestik paralayang Gunung Banyak Batu. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 118 responden pengunjung domestik yang pernah menaiki paralayang dengan teknik purposive sampling, dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Skala pengukuran dengan menggunakan Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, analisis regrensi sederhana dan uji t. Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 20 for Windows.

Kаtа Kunci: Faktor Internal Psikologis, Pengambilan Keputusan

Downloads

Published

2019-05-03

Issue

Section

Articles