PENERAPAN PROPER (PROGRAM PENILAIAN PERINGKAT KINERJA PERUSAHAAN DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP) DALAM KINERJA LINGKUNGAN DI PLTGU TANJUNG BATU (Studi Pada Pengendalian Pencemaran Air)

Authors

  • Budhy Ayu Nurputri
  • Nila Firdausi Nuzula

Abstract

Environmental sustainability has an important role to play in how long a company can survive in a region. A good environment will have a positive impact on the business operations of a company. The company's concern for the environment is also called environmental performance. The good or bad measure of the company's environmental performance can be seen from the company's achievements in participating in the Corporate Performance Rating Program (PROPER). This study aims to find out, describe and analyze how the application of PROPER and supporting factors and inhibiting factors in the implementation of PROPER in environmental performance at the Tanjung Batu PLTGU (studies on water pollution control). The type of data in this research was the form of information relating to research, therefore researchers use descriptive methods with qualitative approaches. The location of the research was conducted at the Tanjung Batu PLTGU, East Kalimantan. The data used were primary data, namely data obtained from interviews and secondary data was document data obtained from the Tanjung Batu PLTGU. Data analysis techniques in this research used descriptive analysis with a qualitative approach.

Keywords: Environmental Performance, PROPER Application, Water Pollution Control, Tanjung Batu PLTGU.

ÐBSTRÐK

Kelestarian lingkungan hidup memiliki peran penting pada seberapa lama sebuah perusahaan bisa bertahan di suatu wilayah. Lingkungan hidup yang baik akan memberikan dampak positif bagi kegiatan operasional usaha sebuah perusahaan. Keperdulian perusahaan terhadap lingkungan ini disebut juga dengan kinerja lingkungan. Baik buruknya ukuran kinerja lingkungan perusahaan dapat dilihat dari prestasi perusahaan dalam mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana penerapan PROPER serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan PROPER dalam kinerja lingkungan di PLTGU Tanjung Batu (studi pada pengendalian pencemaran air). Jenis data dalam penelitian ini berupa informasi yang berkaitan dengan penelitian., maka dari itu peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di PLTGU Tanjung Batu, Kalimantan Timur. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari hasil wawancara dan data sekunder adalah data dokumen yang didapat dari PLTGU Tanjung Batu. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Kаtа Kunci: Kinerja Lingkungan, Penerapan PROPER, Pengendalian Pencemaran Air, PLTGU Tanjung Batu

Downloads

Published

2019-02-13

Issue

Section

Articles