PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN BALI SEBAGAI DESTINASI WISATA OLEH WISATAWAN INDIA (Survei pada Platform Incredible India Education Fair)

Authors

  • Deviana Enny Purwaningsih
  • Edriana Pangestuti

Abstract

This research is motivated by the trend showed that Indian Tourists have contributed to the growth of foreign tourists in Indonesia with a percentage of 10.38 percent in the period January to October 2015. India contributes 3,52 percent to the total number of foreign tourists visiting Bali at 4,70 million tourists during the first 10 months of  2016. The number of Indian tourists rose the most, followed by Chinese tourists, Britain, Unions (US), and France. The type of research used by researchers in conducting this research was explanatory research with a quantitative approach. Sources of data in this study comes from primary data. This study used an online questionnaire through Google Form. Data analysis techniques used are simple linear regression analysis, coefficient of determination and t test as a method of testing the hypothesis. The t test result between X (Marketing communication mix) with Y (Selected Decision of Destination)shows t arithmetic = 9,342. While t table (α = 0.05; db residual = 100) is equal to 1,984. Because t arithmetic> t table is 9,342> 1,984 or sig t value (0.000) <α = 0.05 then influence of X (Marketing Communication Mix) to decision of destination selection is significant.

Key Words : Marketing Communication Mix, Foreign Tourists, Indonesia, Bali, India, Selected Decision of Destination.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tren yang menunjukan bahwa Wisatawan India telah menjadi penyumbang pertumbuhan wisatawan mancanegara di Indonesia dengan persentase 10,38 persen dalam periode Januari-Oktober 2015. India berkontibusi sebesar 3,52 persen terhadap total wisatawan mancanegara yang mengunjungi Bali yaitu sebesar 4,70 juta wisatwan selama 10 bulan pertama 2016. Jumlah wisatawan India meningkat paling tinggi, disusul wisatawan China, Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Prancis. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam menjalankan penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer. Penelitian ini akan menggunakan kuisioner online melalui Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. koefisien determinasi dan uji t sebagai metode menguji hipotesis. Hasil uji t  antara X (Bauran komunikasi pemasaran) dengan Y (keputusan pemilihan destinasi) menunjukkan t hitung = 9,342. Sedangkan t Tabel (α = 0.05 ; db residual = 100) adalah sebesar 1,984. Karena t hitung > t Tabel yaitu 9,342 > 1,984 atau nilai sig t (0,000) < α = 0.05 maka pengaruh X (Bauran Komunikasi Pemasaran) terhadap keputusan pemilihan destinasi adalah signifikan.

Kata kunci: Bauran Komunikasi Pemasaran, Wisatawan Mancanegara, Indonesia, Bali, India, Keputusan Pemilihan Destinasi


Downloads

Published

2018-12-17

Issue

Section

Articles