ANALISIS EFISIENSI REKRUTMEN KARYAWAN MELALUI MEDIA ONLINE DAN MEDIA KONVENSIONAL (Studi Tentang Efisiensi Waktu dan Tenaga dari PT. Jasa Marga (persero) Tbk)

Authors

  • Rafi Dharmawan
  • Heru Susilo
  • Edlyn Khurotul Aini

Abstract

This research was aimed (1) to explain and analyze the step of recruitment process through the online media in PT. Jasa Marga (persero) Tbk and (2) to explain and analyze the recruitment efficiency based on online media in PT. Jasa Marga (persero) Tbk. The type of research used was descriptive research by qualitative approach, with direct observation and data collection. The descriptive research was used to make problem solving which describes situation, subject/ object and also based on the reality when the research was conducted.The research shows that the application of online recruitment in PT. Jasa Marga (persero) Tbk. From identifying the empty position and how much Human Resources needed until called the applicant whom met the standard has already been well conducted and matched with the theory. For the media used was PT. Jasa Marga (persero) Twitter, WhatsApp, Website, and Web Carrier Campus. For printed media used was newspaper and poster which delivered in Both internal and external the company. The online recruitments is very efficient compared to the conventional recruitment. Because the online recruitment has been proven to save time and power during the recruitment process.

Keywords: Efficiency, Employee Recruitment, Online Media, Conventional Media

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Menjelaskan dan menganalisis alur proses rekrutmen karyawan melalui media online pada PT Jasa Marga (persero) Tbk dan (2)Menjelaskan dan menganalisis efisiensi rekrutmen karyawan berbasis media online pada PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data dan observasi secara langsung. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memecahkan masalah dengan menggambarkan keadaan, objek/ subjek dan juga berdasarkan pada kenyataan atau kondisi aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan rekrutmen online di PT. Jasa Marga (persero) Tbk. dari tahap awal Mengidentifikasi jabatan yang lowong dan berapa jumlah tenaga yang diperlukan sampai dengan Memanggil kandidat-kandidat yang memenuhi persyaratan jabatan terakhir sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan landasan teori. Dan untuk sarana Job Posting yang digunakan, PT. Jasa Marga (persero) Twitter, Wassapp, Website, Web Carrier kampus. Sedangkan media cetak menggunakan Koran dan Poster yang disebar di internal perusahaan dan eksternal. Dari segi efisiensinya, jika ditinjau dari tenaga,  dan waktu jika dibandingkan dengan metode rekrutmen konvensional sangat efisien. Karena diketahui bahwa penerapan rekrutmen melalui media online dapat lebih menekan tenaga dan waktu yang harus dibutuhkan dibandingkan media konvensional seperti job fair, walk in dan media cetak.

Kаtа Kunci: Efisiensi, Rekrutmen Karyawan, Media Online, Media Konvensional


Downloads

Published

2018-11-19

Issue

Section

Articles