RESISTENSI BURUH TERHADAP PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 78 TAHUN 2015 TENTANG PENGUPAHAN (Studi Kasus pada Buruh Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia [SPBI] Malang)

Authors

  • Richard Ghufron
  • Hamidah Nayati Utami
  • Arik Prasetya

Abstract

This research based on the issuance of Government Regulation Number 78 of 2015 concerning Wages (Government Regulation on Wages) which got resistance from laborers who joined the union named Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) Malang. Workers are resistance because (Government Regulation on Wages) is contrary to Law Number 13 of 2003 on Manpower. The purpose of this research is to know what factors cause SPBI workers to do resistance toward Government Regulation on Wages, find out what kind of resistance is done by SPBI labor to Wage Regulation, and finally to understand the impact of labor resistance against Government Regulation on Wages. This type of research is qualitative by using the case study method. The location of this research is SPBI Office and Manpower Office of Malang city. Data sources used are primary and secondary data. The results of this research indicate that factors of labor resistance based on the theory of Robbins and Judge are selective information processing as well as habits. The forms of resistance done by SPBI laborers are complaining and demo. The resistance impact of government regulation on wages is news.

Keywords: Labor Resistance, Government Regulation, Wages

ÐBSTRÐK

Penelitian ini berdasarkan lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (PP Pengupahan) yang mendapat resistensi dari buruh yang tergabung dalam serikat buruh bernama Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) Malang. Para buruh melakukan resistensi karena (PP Pengupahan) bertentangan dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan buruh SPBI melakukan resistensi terhadap PP Pengupahan, mengetahui bentuk resistensi apa saja yang dilakukan buruh SPBI terhadap PP Pengupahan, dan yang terakhir mengetahui dampak dari resistensi buruh terhadap PP Pengupahan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Lokasi dari penelitian ini adalah Kantor SPBI dan Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor dari resistensi buruh berdasarkan teori dari Robbins dan Judge adalah pemrosesan informasi yang selektif dan juga kebiasaan. Bentuk-bentuk resistensi yang dilakukan buruh SPBI adalah mengeluh dan demo. dampak dari resistensi terhadap PP Pengupahan adalah pemberitaan.

Kаtа Kunci: Resistensi Buruh, Peraturan Pemerintah,  Pengupahan


Downloads

Published

2018-10-04

Issue

Section

Articles