PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading)

Authors

  • Muhamad Juliatrin Chairul Akbar
  • Sunarti Sunarti

Abstract

This study aims to determine which variables have an effect on the Purchase Decision. In this research the independent variable used Electronic Word Of Mouth variable (X) while the dependent variable used Purchase Decision (Y). The type of research in this study used exploratory research using a quantitative approach. The sample in this study amounted to 100 respondents purchasing decisions at Resto Sushi Tei Kelapa Gading. Sampling technique using purposive sampling technique and data collection techniques using questionnaires. Data analysis technique in this research are instrument test (test of validity and reliability test) and regression analysis. The results showed that based on the coefficient of determination analysis used to calculate the magnitude of influence or contribution of independent variables to the dependent variable. The analysis results R (coefficient of determination) is 0.432. This means that 43.2% of the Purchase Decision variable will be influenced by the independent variable, Word Of Mouth (X). The variable purchase decision (Y) is influenced by the service quality variable of Word Of Mouth (X).

Kеywords: Word Of Mouth (X), Purchase Decision (Y)

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth pada Keputusan Pembelian. Variabel bebas yang digunakan adalah variabel Electronic Word Of Mouth (X) sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan penelitian eksplantori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden keputusan pembelian pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dan Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reabilitas) dan analisis regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis koefisien determinasi digunakan untuk menghitung besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari analisis diperoleh hasil R (koefisien determinasi) sebesar 0,432. Artinya bahwa 43,2% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Electronic Word Of Mouth (X). Variable keputusan pembelian (Y) di pengaruhi oleh variable kualitas pelayanan dari Electronic Word Of Mouth (X).

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth (X), Keputusan Pembelian (Y)

 

Downloads

Published

2018-07-31

Issue

Section

Articles