PENGARUH KOMPENSASI EKSEKUTIF TERHADAP ROA DAN TOBIN’S Q DENGAN VARIABEL KONTROL UMUR DAN UKURAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Authors

  • Aan Suryana
  • Nila Firdausi Nuzula

Abstract

This research aims to analyze and explain the effect of Executive Compensation (X1) on ROA (Y1) and Tobin’s Q (Y2) both before and after the addition of control variables in the form of Firm Age (X2) and Firm Size (X3). This research used an explanatory research with a quantitative approach. Sampling technique used is purposive sampling with 45 samples of manufacturing companies with research period 2012-2016. Researchers used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis consisting of Classic Assumption Test, Simple Linear Regression, and Multiple Linier Regression. The results of this study showed Executive Compensation (X1) have a significant effect on ROA (Y1) dan Tobin’s Q (Y2) with a significant value of 0.000. The effect of Executive Compensation (X1) that is controlled by age and size of firm have a significant effect on ROA (Y1) and Tobin’s Q (Y2) with a significant value of 0.000. The Effect of Executive Compensation, Age and Size of Firm is 17,8% and 22,5% against ROA and Tobin’s Q

Keywords: Executive Compensation, Firm Performance, ROA, Tobin’s Q, Firm Age, Firm Size

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kompensasi Eksekutif (X1) terhadap ROA (Y1) dan Tobin’s Q (Y2) baik sebelum maupun sesudah ditambahkannya variabel kontrol berupa Umur Perusahaan (X2) dan Ukuran Perusahaan (X3). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 45 Perusahaan Manufaktur dengan periode penelitian 2012-2016. Peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Sederhana dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompensasi Eksekutif (X1) berpengaruh signifikan terhadap ROA (Y1) dan Tobin’s Q (Y2) dengan nilai signifikani 0,000. Pengaruh Kompensasi Eksekutif yang dikontrol dengan Umur dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap ROA (Y­1) dan Tobin’s Q (Y2) dengan nilai signifikansi 0,000. Pengaruh Kompensasi Eksekutif, Umur dan Ukuran Perusahaan adalah sebesar 17,8% dan 22,5% terhadap ROA dan Tobin’s Q.

Kata Kunci: Kompensasi Eksekutif, Kinerja Perusahaan, ROA, Tobin’s Q, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan

 

Downloads

Published

2018-07-24

Issue

Section

Articles