PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN TURNOVER INTENTION (Studi Pada Karyawan PT. PLN (Persero) Kantor Area Bojonegoro)

Authors

  • Wahyu Setyaningrum
  • Mochammad Djudi Mukzam

Abstract

Research entitle “ The Influence of Financial Compensation and Non Financial Compensation on Job Satisfaction and Turnover Intention†is done on the employees of PT PLN (Persero) Office Area of Bojonegoro. Compensation become very important to employees. Proportional compensation will make employees get an appreciate and job satisfaction from their company. Every company want to have employees with full and high job satisfaction, because employee with high job satisfaction will happy with her or his job, so it will make company get a maximum goal. Another aspect that very important for company is about turnover intention. Company have to prevent this condition, because if this condition happen, company will get bad impact. Prevent turnover intention will make company no to find another person who will operate the job. It also make company stay foccus to get a maximum performa to their vision. Type this research is explanatory research with quantitative appoarch. Sampel of research is the employees of PT PLN (Persero) Office Area of Bojonegoro with total sampel is 53 person, and it use census sampling. It use Path Analysis for data analysis with computer programe is SPSS for Windows 23.

Kеywords: Financial Compensation, Non Financial Compensation, Job Satisfaction, Turnover Intention.

ÐBSTRÐK

Penelitian dengan judul Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial terhadap Kepuasan Kerja dan Turnover Intention dilakukan di PT PLN (Persero) Kantor Area Bojonegoro. Kompensasi menjadi hal yang sangat penting bagi karyawan yang bekerja di perusahaan. Pemberian kompensasi yang proporsional akan membuat karyawan merasa di hargai oleh perusahaan dan merasakan kepuasan kerja. Setiap perusahaan menghendaki adanya kepuasan kerja karyawan, hal ini bertujuan agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan memiliki karyawan yang memiliki kepuasan kerja tinggi. Karyawan yang memiliki kepuasan kerja maka akan senang dan betah dalam bekerja. Hal lain yang tak kalah penting untuk menjadi perhatian perusahaan adalah perlunya perusahaan mencegah Turnover Intention. Dengan mencegah Turnover Intention maka perusahaan tidak perlu mencari karyawan baru untuk mengisi jabatan yang kosong dan tetap bisa fokus menyiapkan strategi untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Jenis penelitian adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu karyawan PT PLN (Persero) Kantor Area Bojonegoro sejumlah 53 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh (sensus). Analisis Data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path) dengan menggunakan program komputer SPSS for Windows ver 23.

Kаtа Kunci: Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, Kepuasan Kerja, Turnover Intention

 

Downloads

Published

2018-06-28

Issue

Section

Articles