PENGARUH LEARNING ORIENTATION DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan Tetap Bank X Bumn Cabang Brawijaya Malang)

Authors

  • Karina Desika Lydia
  • Heru Susilo
  • Edlyn Khurotul Aini

Abstract

This research based on the importance of Human Resource Management to improve the performance of employees who may be affected by a Learning Orientation and Organizational Commitment. This research was conducted at Bank X BUMN Branch of Brawijaya Malang where is ranked four of the top ten largest banking assets in Indonesia on 2017 and have opportunities to potential clients in the city of Malang, so companies need to be able to improve the Employee Performance in order to compete with competitors. This research aims to know and explain whether there is a partial influence between Learning Orientation on Employee Performance, and Organization Commitment on Employee Performance, and simultaneously influence between Learning Orientation and Organization Commitment on Employee Performance. This research is quantitative research and the research type is explanatory research. The number of samples in this study was 55 persons of permanent employees in Bank X BUMN Branch of Brawijaya Malang with purposive sampling technique. Collecting data method on this research using questionnaires. The measurement scale in this research is Likert scale. This research using descriptive statistics analysis and multiple linear regression analysis with a classic assumption test. Data on this research is processed using SPSS 23 for Windows.

Kеywords: Learning Orientation, Organization Commitment, Employee Performance

ÐBSTRÐK

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya MSDM untuk meningkatkan Kinerja Karyawan yang dapat dipengaruhi oleh Learning Orientation dan Komitmen Organisasi. Penelitian ini dilakukan di Bank X BUMN Cabang Brawijaya Malang di mana berada pada peringkat ke empat dari sepuluh besar total aset perbankan terbesar di Indonesia tahun 2017 dan memiliki peluang nasabah potensial di kota Malang sehingga perusahaan perlu untuk dapat meningkatkan Kinerja Karyawan agar dapat bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apakah ada pengaruh secara parsial antara Learning Orientation terhadap Kinerja Karyawan dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan, serta pengaruh secara simultan antara Learning Orientation dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu explanatory research (penelitian penjelasan). Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebesar 55 orang karyawan tetap Bank X BUMN Cabang Brawijaya Malang dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 23 for Windows.

Kаtа Kunci: Learning Orientation, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Downloads

Published

2018-05-15

Issue

Section

Articles