PENGARUH INTERNATIONAL BRAND IMAGE DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pengguna Iphone Di Indocell Malang)

Authors

  • Arif Wicaksono
  • Suharyono Suharyono
  • Edriana Pangestuti

Abstract

This research type is explanatory research with quantitative approach. Samples taken as many as 120 respondents who are use iPhone in Indocell city of Malang. The sampling technique used is purposive sampling. Method of data by using questionnaire data instrument. Descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result of the research shows that the variable of International Brand Image (X1) has significant influence on Purchase Decision (Y) with the beta of 0.543 or 54.3%, International Brand Image (X1) variable has significant influence on purchasing decision (Y) beta condition equal to 0,239 or 23,9% share, Lifestyle variable (X2) has significant influence to purchasing decision (Y) with beta amount of 0,507 or 50,7%. Significant to purchasing decisions. Suggestions for Apple Inc. Apple companies are expected to provide a better image to customers, and minimize product failures, such as fail in showID faceID. Apple is expected to pay attention to the trends that occur in society to maintain existence of the iPhone.

Keywords: International Brand Image, Lifestyle, Purchase Decision.

ÐBSTRÐK

Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 120 orang responden yang merupakan pengguna iPhone di Indocell  kota Malang. Teknik pengambilan sample             yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Instrumen kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel International Brand Image (X1) dan Lifestyle (X2) memiliki pengaruh signifikan secara berganda terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan koefisien beta sebesar 0,543 atau sebesar 54,3%. Variabel International Brand Image (X1) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan koefisien beta sebesar 0,239 atau sebesar 23,9. Variabel Lifestyle (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan Pembelian (Y) dengan koefisien beta sebesar 0,507 atau sebesar 50,7%. Kesimpulan bahwa International Brand Image dan Lifestyle berpengaruh signifikan baik secara berganda maupun secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Saran untuk Apple Inc diharapkan perusahaan Apple dapat memberikan citra yang lebih baik lagi kepada pelanggan, dan meminimalisir kegagalan produk, misalnya kegagalan dalam memamerkan faceID. Diharapkan pihak Apple memperhatikan tentang trend yang terjadi di mayarakat untuk mempertahankan eksistensi iPhone.

Kata Kunci: International Brand Image, Lifestyle, Keputusan Pembelian.


Downloads

Published

2018-05-03

Issue

Section

Articles