ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK BERDASARKAN METODE RISK BASED BANK RATING (Studi Pada Bank Umum Konvensional Di Indonesia Periode 2014-2016)

Authors

  • Theresia Vania Hamolin
  • Nila Firdausi Nuzula

Abstract

The banking sector is a vulnerable sector affected by both global and national economic conditions. As a trusted institution, bank has to maintain their performance. The form of trust from the customers, can be seen from the bank health level. In Indonesia assessment of bank health level was arranged in POJK No.4/POJK.03/2016 by Indonesia Financial Service Authority (OJK) using Risk Based Bank Rating method. This method consists four factors, such as risk profile, profitability, capital, and good corporate governance. The research method used in this research is descriptive method with quantitative approach. This study used secondary data obtained the official website of each bank that became the sample of this research. The population using in this research is 42 commercial banks in Indonesia. And the samples is 28 commercial banks in Indonesia that obtained through purposive sampling method.

Kеywords: RBBR, Bank Health Level

ÐBSTRÐK

Sektor perbankan merukan sektor yang rentan terpengaruhi oleh keadaan perekonomian baik global maupun nasional.harus tetap menjaga eksistensinya dalam menjadi lembaga kepercayaan. Kepercayaan dari masyarakat yang menanamkan uangnya ke bank dapat dilihat dari tingkat kesehatan bank tersebut.Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum diatur dalam POJK No.4/POJK.03/2016 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Penilaian tingkat kesehatan bank ini menggunakan metode Risk Based Bank Rating yang berbasis risiko. Metode ini terdiri dari empat faktor yaitu profil risiko, rentabilitas, permodalan, dan Good Corporate Governance. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi dari masing-masing bank yang menjadi sampel penelitian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 42 bank umum konvensional di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 28 bank umum konvensional di Indonesia yang diperoleh melalui metode pengambilan sampel purposive sampling.

Kаtа Kunci: RBBR, Tingkat Kesehatan Bank


Downloads

Published

2018-04-18

Issue

Section

Articles