ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN INTERNASIONAL PRODUK BAJU BUSANA MUSLIM (Studi pada PT. Vauza Tamma Abadi)

Authors

  • Ralitza Passileva
  • Mochammad Al Musadieq

Abstract

This study aimed to identify and analyze the strategies of the international marketing mix used by PT. Vauza Tamma Abadi, as well as to know the development of international marketing strategy at PT. Vauza Tamma Abadi. The nature of this research was descriptive using a qualitative approach. The research was conducted at PT. Vauza Tamma Abadi, located in Malang, East Java. Data collection technique was done through observation, interviews, and documentation. The results of the research showed that PT. Vauza Tamma Abadi implements the marketing mix in many ways. Its product strategies take into consideration factors of preference, cost, laws and regulations, and compatibility. The pricing strategy uses the penetration pricing method. The distribution strategy uses a product delivery service in sending the product to the destination country. Its promotional strategies include advertising, personal selling, publicity, and sales promotion. The development of PT. Vauza Tamma Abadi’s international marketing strategy still experiences barriers, resulting from a production quota that is not large, inadequate available resources, and a management system that is not yet strong enough. This proves that the company needs to work with certain parties and stakeholders to expand their international marketing strategy.

Keyword : Marketing Mix, International Marketing, Muslim Clothing

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bauran pemasaran internasional yang digunakan PT. Vauza Tamma Abadi, serta mengetahui pengembangan strategi pemasaran internasional pada PT. Vauza Tamma Abadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Vauza Tamma Abadi yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Vauza Tamma Abadi mengimplementasikan strategi bauran pemasaran dengan berbagai cara. Strategi produk yang mempertimbangkan faktor preferensi, biaya, hukum, dan peraturan, serta kompatibilitas. Strategi harga menggunakan metode penetapan harga penetrasi. Strategi distribusi menggunakan jasa pengiriman barang dalam mengirim produk ke negara tujuan. Strategi promosi menggunakan periklanan, personal selling, publisitas, serta promosi penjualan. Pengembangan strategi pemasaran internasional PT. Vauza Tamma Abadi masih mengalami beberapa hambatan yang berasal dari kuota produksi yang tidak besar, sumber daya yang tersedia tidak memadai, dan sistem manajemen perusahaan yang belum kuat. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan perlu bekerjasama dengan pihak-pihak tertentu untuk mengembangkan strategi pemasaran internasionalnya.

Kаtа Kunci: Bauran Pemasaran, Pemasaran Internasional, Busana Muslim

 


Downloads

Published

2018-04-17

Issue

Section

Articles