PENERAPAN PURCHASING PLANNING DALAM PENGADAAN BAHAN BAKU DI PERUSAHAAN INDUSTRI (Studi pada PT. Petrokimia Gresik, Jawa Timur)

Authors

  • Mu’adz Shidqi
  • Supriono Supriono

Abstract

This study concentrates on the effective implementation of purchasing planning for industrial companies engaged in the procurement of raw materials in order to improve productivity and acceptance of raw materials on time. The purpose of this study is to know purchasing planning and improve the accuracy in pengadan raw materials used in PT. Petrokimia Gresik.Type of research used in this research is qualitative method with descriptive research approach. This study focuses on organizational structure, forms and records (documents), as well as systems and procedures in the procurement of goods at PT. Petrokimia Gresik. Data sources are primary data obtained directly from research sources and direct observation. It also uses secondary data in the form of forms, accounting records, and the like. Data collection techniques used addalah observation techniques, interview techniques, and documentation.SWOT Analysis is an analytical method used to find opportunities and overcome obstacles at PT. Petrokimia Gresik. SWOT analysis consists of strengths, weaknesses, opportunities (opportunities), and threats (threats). The SWOT Matrix describes the strategies that can be drawn from these four factors.

Keywords: Purchasing Planning, Procurement, Industrial Companies

ÐBSTRÐK

Penelitian ini berkonsentrasi pada implementasi purchasing planning yang efektif terhadap perusahaan industri yang bergerak di bidang pengadaan bahan baku agar dapat meningkatkan produktifitas dan penerimaan barang bahan baku tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui purchasing planningdan meningkatkan ketepatan dalam pengadan bahan baku yang digunakan pada PT. Petrokimia Gresik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Penelitian ini berfokus pada struktur organisasi, formulir-formulir dan catatan (dokumen), serta sistem dan prosedur dalam pengadaan barang pada PT. Petrokimia Gresik. Sumber data adalah data primer yang diperoleh langsung dari sumber penelitian dan pengamatan langsung. Selain itu juga menggunakan data sekunder yang berupa formulir, catatan akuntansi, dan sejenisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan addalah teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi.Analisis SWOT merupakan metode analisis yang digunakan untuk menemukan peluang dan mengatasi hambatan pada PT. Petrokimia Gresik. Analsis SWOT terdiri dari strengths(kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Matriks SWOT menggambarkan strategi yang dapat diambil dari keempat faktor tersebut.

Kаtа Kunci: Purchasing Planning, pengadaan, perusahaan industri

 

 

Downloads

Published

2018-04-11

Issue

Section

Articles