ANALISIS RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN RESIDUAL INCOME (RI) GUNA MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Bahan Kimia Sub Sektor Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Authors

  • Koni’a Meta Alfiah
  • Topowijono Topowijono
  • Ferina Nurlaily

Abstract

This research is motivated by the company's goals that is to generate profit, maximize company value and minimize cost. Knowing whether or not the company's objectives are achieved, it is necessary to evaluate the financial performance of the company. This research uses the assessment of the investment center, where the measurement used in the investment center is Return On Investment and Residual Income in order to know the strengths and weaknesses of the company and facilitate the company in planning and making the next decision. The type of research used is descriptive research with quantitative approach. Samples are five companies by using Purposive Sampling technique. The company that investigated is a sub sector of chemical company listed in Indonesia Stock Exchange for the period 2012-2016. The type of data used in this research is secondary data in the form of annual financial statements of the company period 2012-2016, close price, and company profile. Return On Investment is one of the profitability ratios that measure the company's ability to generate profits compared to the total assets owned by the company. Residual Income is a complement to Return On Investment used to assess the company's financial performance

Kеywords: Return On Investment, Residual Income and Chemical Subsector

ÐBSTRÐK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan perusahaan yakni untuk menghasilkan keuntungan, memaksimumkan nilai perusahaan dan meminimumkan biaya. Mengetahui tercapai tidaknya tujuan perusahaaan, diperlukan penilaian kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penilaian pada pusat investasi, dimana pengukuran yang digunakan pada pusat investasi di dalam penelitian ini adalah Return On Investment dan Residual Income agar dapat diketahui kekuatan dan kelemahan perusahaan dan memudahkan perusahaan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak lima perusahaan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Perusahaan yang diteliti merupakan perusahaan sub sektor kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa periode 2012-2016. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan periode 2012-2016, close price, dan profil perusahaan. Return On Investment adalah salah satu dari rasio profitabilitas yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan total aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. Residual Income merupakan pelengkap untuk Return On Investment yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan pada sub sektor kimia menghasilkan nilai yang positif fluktuatif untuk Return On Investmentnya sedangkan Residual Incomenya menghasilkan nilai yang fluktuatif tetapi masih terdapat nilai negatif untuk beberapa perusahaan.

Kаtа Kunci: Return On Investment, Residual Income dan Subsektor Kimia


Downloads

Published

2018-03-27

Issue

Section

Articles