PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN SIKAP PENGGUNA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN INTERNET (Studi Pada Tenaga Kependidikan Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Authors

  • Anis Fakhrunnisa'

Abstract

This research aimed to determine the effect of the perceived usefulness and attitude toward using to behavioral intention to use internet by using the 3 constructs in the model of TAM (Technology Acceptance Model) such as perceived usefulness (X), behavioral intention to use (Y) and the attitude toward using (Z). This type of research uses explanatory research with quantitative approach. Methods of data collection using questionnaires with sampling by 44 respondents from a population of 80 which is the academic staff in the Faculty of Administrative Science Malang. Location of the research conducted at the Faculty of Administrative Science Malang. Analysis of the data used in this research  using path analysis. The results show that all three constructs studied had positive and significant influence is the perceived usefulness (X) to attitude toward using (Z), perceived usefulness (X) to behavioral intention to use (Y) and attitude toward using (Z) to behavioral intention to use (Y). The results support the theory of TAM (Technology acceptence Model) which significantly influence the perceived usefulness has significantly influence to attitude toward using, perceived usefulness has significantly influence to behavioral intention to use, and attitude toward using has significantly influence to behavioral intention to use.

Keywords: perceived usefulness, user attitudes, behaviors interests

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan dan sikap pengguna terhadap minat menggunakan internet dengan menggunakan 3 konstruk dalam model TAM (Technology Acceptance Model) yaitu persepsi kemanfaatan (X), minat perilaku (Y) dan sikap pengguna (Z). Jenis penelitian menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengambilan sampel sebanyak 44 responden dari populasi sejumlah 80 yang merupakan tenaga kependidikan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Lokasi penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian menunjukkan bahwa ketiga konstruk yang diteliti memiliki pengaruh positif dan signifikan yaitu persepsi kemanfaatan (X) terhadap sikap pengguna (Z), persepsi kemanfaatan (X) terhadap minat perilaku (Y) dan sikap pengguna (Z) terhadap minat perilaku (Y). Hasil penelitian ini mendukung teori TAM (Technology Acceptence Model) dimana persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap sikap pengguna, persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku,dan sikap penguna berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku.

Kata kunci : persepsi kemanfaatan, sikap pengguna, minat perilaku

Downloads

Published

2013-09-27

Issue

Section

Articles