PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Coffee Toffee Cabang Kota Malang)

Authors

  • Putra Mahdiasukma
  • Achmad Fauzi

Abstract

This research aims to (1) know and explain the influence Word of Mouth Marketing which consists of Talkers, Topics, Tools, Taking Part, and Tracking on Purchasing Decision Process, (2) know and explain partially influence of Talkers variable on Purchasing Decision Process, (3) know and explain partially influence of Topics variable on Purchasing Decision Process, (4) know and explain partially influence of Tools variable on Purchasing Decision Process, (5) know and explain partially influence of Taking Part variable on Purchasing Decision Process, (6) know and explain partially influence of Tracking variable on Purchasing Decision Process. The type of research that used in this research is explanatory research. This research method is survey method with quantitative approach. Variables in this study include Talkers, Topics, Tools, Taking Part, Tracking, and Purchasing Decision Process. The population in this study is Consumers Coffee Toffee who recommended to purchasing by others, especially friends or family. Another characteristic is an adult between the ages of 18 years to 38 years. The sampling technique in this research is nonprobabilistic sampling with purposive sampling technique. The sample of this research is 100 respondents.

Kеywords: Word of Mouth Marketing, Purchasing Decision, Recommendation

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk (1)        mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara bersama-sama Word of Mouth Marketing yang terdiri dari Talkers, Topics, Tools, Taking Part, dan Tracking terhadap Proses Keputusan Pembelian, (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Talkers terhadap Proses Keputusan Pembelian, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Topics terhadap Proses Keputusan Pembelian, (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Tools terhadap Proses Keputusan Pembelian, (5) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Taking Part terhadap Proses Keputusan Pembelian, (6) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Tracking terhadap Proses Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Metode yang digunakan ialah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Talkers, Topics, Tools, Taking Part, Tracking, dan Proses Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Coffee Toffee yang direkomendasikan untuk melakukan pembelian oleh orang lain, khususnya teman atau keluarga. Karakteristik lainnya adalah sudah dewasa yaitu berumur antara 18 tahun sampai 38 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling nonprobabilistik (nonprobability sampling) dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang responden.

Kаtа Kunci: Word of Mouth Marketing, Keputusan Pembelian, Rekomendasi

Downloads

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles