PENGARUH PENGALAMAN, KESUKARELAAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-LEARNING (STUDI KASUS PADA SISWA DAN SISWI KELAS XI MAN 3 MALANG)

Authors

  • Muchammad Isma'il Satyawardhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman, kesukarelaan, dan kualitas informasi terhadap minat siswa dan siswi kelas XI IPS MAN 3 Malang untuk menggunakan e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel diambil dari keseluruhan populasi berjumlah 33 orang dan regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil uji F menunjukan nilai Fhitung sebesar 8,105 dan signifikansi sebesar 0,000. Koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 45,6%. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung variabel pengalaman siswa  sebesar 1,020 dengan signifikansi 0,361, kesukarelaan siswa  sebesar 2,574 dengan signifikansi 0,015, dan kualitas informasi dari e-learning sebesar 1,481 dengan signifikansi 0,149. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesukarelaan siswa berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan e-learning, sedangkan pengalaman siswa dan kualitas informasi dari e-learning tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan e-learning. Secara simultan, variabel pengalaman siswa, kesukarelaan siswa, dan kualitas informasi dari e-learning berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan e-learning.

Kata kunci : pengalaman, kesukarelaan, kualitas informasi, e-learning

Abstract

This research aim to determine the influence of experience, voluntariness, and information quality toward student intentions of class XI IPS MAN 3 Malang to use e-learning. Quantitative method is used as the research method. Samples are taken from the whole population which are 33 persons and multiple linier regression is used to analyze the data. F-test results showthe value of ​​Fcount equal to 8.105 and significance of 0.000. Coefficien of determination (R2) equal to 45.6%. T-test results show the values of variable student experience equal to 1,020 with significance of 0,361, student voluntariness equal to 2,574 with significance of 0,015, and information quality of e-learning equal to 1,481 with significance of 0,149. The results of this research indicate that student voluntariness has significance effect toward intention to use e-learning, while student experience and information quality of e-learning has no significance effect toward intention to use e-learning. Simultaneously, variable student experience, student voluntariness, and information quality of e-learning has significance effect toward intention to use e-learning.

Keywords: experience, voluntariness, information quality, e-learning

Downloads

Published

2013-09-23

Issue

Section

Articles