ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KEBERLANGSUNGAN BISNIS PERUSAHAAN MULTINASIONAL (Studi Pada Starbucks Coffee Grand Metropolitan Mall Bekasi)

Authors

  • Debby Citra Indah
  • Brillyanеs Sanawiri

Abstract

This study aims to describe the CSR program implemented by Starbucks Coffee Company in Indonesia, especially in Bekasi, analyzes the implementation of CSR program, and the impacts of the implementation of the CSR program. The type of this research is descriptive research with qualitative approach. Technique of data collecting by interview method, observation, and documentation. This research uses Miles & Huberman analysis method, and to measure the validity of this research, triangulation resource is utilized. The result of this research shows that the Implementation of CSR program implemented by Starbucks Coffee has a link with the sustainability of multinational companies business. The implementation of CSR is done well and effectively in accordance with the benefits and objectives of the CSR program. Implementation of CSR can extend the company's survival. The research is supported by the results of the study by using key performance indicators in the measurement of CSR activities. The Implementation of CSR certainly has an impact from the results of its implementation. The impact that is generated for the company, for the community and for the environment around the company. This research elaborated based on the results of research and also the theory used in this study. 

Keywords: CSR Implementation, Corporate Social Responsibility, Corporate Sustainability.

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan program CSR yang dilaksanakan oleh Starbucks Coffee Company di Indonesia, khususnya di Bekasi, menganalisis implementasi program CSR, dan dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan program CSR tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis Miles & Huberman, dan untuk mengukur keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program CSR yang dilaksanakan oleh Starbucks Coffee memiliki kaitan dengan keberlangsungan bisnis perusahaan multinasional. Implementasi CSR terlaksana dengan baik dan efektif sesuai dengan manfaat dan tujuan program CSR tersebut. Implementasi CSR yang dilakukan dapat memperpanjang keberlangsungan hidup perusahaan. Hal ini didukung dari hasil penelitian dengan diukur menggunakan indikator kinerja kunci yang digunakan oleh peneliti dalam mengukur kegiatan CSR yang dilaksanakan. Implementasi program CSR Starbucks Coffee tentunya memiliki dampak dari hasil pelaksanaannya. Dampak yang ditimbulkan yaitu bagi perusahaan, bagi masyarakat dan bagi lingkungan sekitar perusahaan. Hal ini diuraikan berdasarkan hasil penelitian dan juga teori yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Implementasi CSR, Corporate Social Responsibility, Keberlangsungan Perusahaan.


Downloads

Published

2018-01-23

Issue

Section

Articles